Kuliner

Pecinta Kuliner Wajib Coba 5 Jenis Bakso Khas Indonesia Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki jenis bakso yang beragam? Bisa dibilang kita memiliki lebih dari 15 macam bakso yang populer dan semuanya tentu saja sangat enak dilidah. Belum lagi makanan yang berbahan dasar daging sapi ini cocok untuk dikreasikan bersama hidangan lain seperti nasi goreng, mie goreng, capcay, dll. Nah, kalau bakso menjadi salah satu makanan favorit kamu, informasi ini akan bikin kamu ngiler deh!

Bakso Malang

Image source: kooliner.com

Para pecinta bakso tentunya sudah familiar dengan jenis bakso ini. Sesuai namanya, bakso Malang berasal dari Malang, Jawa Timur. Dalam bakso ini terdapat tambahan mie kuning, siomay, pangsit goreng, dan tahu. Meskipun berasal dari Malang, kepopulerannya telah menyebar hingga luar Jawa Timur lho! Bahkan tak sulit untuk menemukan depot bakso Malang hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Bakso Solo

bakso malang
Image source: masakapahariini.com

Pulau Jawa tidak pernah habis dengan beragam jenis kulinernya, termasuk kuliner bakso. Kali ini, jenis bakso yang perlu kamu ketahui berasal dari Solo, yaitu bakso Solo. Bakso ini tidak memiliki banyak bahan tambahan seperti bakso Malang, tapi biasanya bakso Solo ditambah campuran tetelan atau irisan daging sapi.

Bakso Karimunjawa

Image source: akurat.co

Kalian pasti sudah tahu kan bahwa bakso tidak hanya berbahan dasar daging sapi saja, tapi bisa juga ayam, udang, dan ikan. Salah satu jenis bakso yang tidak menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya ialah bakso Karimunjawa. Bakso yang berasal dari Kepulauan Karimunjawa ini dikenal juga dengan sebutan bakso ikan ekor kuning. Penamaan ini berasal dari bahan dasar bakso yang menggunakan ikan ekor kuning.

Bakso Bakar

Image source: gotravelly.com

Siapa bilang bakso hanya enak disantap bila berkuah atau dihidangkan bersama mie? Contohnya jenis bakso ini. Walaupun diolah dengan cara dibakar, bakso ini tetap banyak penggemarnya lho! Disebut sebagai bakso bakar, bakso ini diolah dengan cara dibakar sambil diolesi bumbu kecap khas yang akan menambah kelezatannya. Setelah matang, bakso bakar bisa disantap dengan cocolan sambal kacang seperti sate pada umumnya atau bersama saus cabai dan mayonnaise.

Bakso Klenger

Image source: gotravelly.com

Jenis bakso ini sempat viral karena ukuran dan beratnya mencapai 5 kg. Saat bakso raksasa  ini dibelah, terdapat berbagai isian seperti bakso kecil, telur, daging cincang, dsb. Kalau khas Yogyakarta, isian bakso Klenger berupa telur bebek yang agak asin dan bila disantap berbarengan bersama bakso, cita rasanya akan semakin lezat lho!

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.