Informasi

Apa Sih Perbedaan Hotel dan Hostel?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Selama ini mungkin kamu hanya mengenali istilah hotel. Padahal, banyak sekali tempat alternatif untuk menginap yang nyaman bagi kamu yang memang hendak melakukan staycation. Sebelumnya bagi kamu yang hanya terpaku dengan hotel, sebaiknya kamu wajib mengenali yang namanya hostel. Karena, ternyata terdapat juga tempat hostel yang lebih ramah di dompetmu.

Masalahnya sampai saat ini, mungkin belum begitu banyak orang yang mengenali istilah hostel ini. Bahkan biasanya, masyarakat umumnya selalu memukul rata semua tempat penginapan dengan sebutan hotel saja. Padahal sebetulnya, beda nama beda pula jenisnya.

Spesifik Perbedaan Hotel dan Hostel

Apa Sih Perbedaan Hotel dan Hostel?
doc. Markus Spiske

Rahmadi Aditya Putra selaku Founder & CEO Best Hostels Indonesia memberikan pemahaman bahwa hostel dan hotel memiliki penawaran fasilitas yang berbeda. Tak hanya itu, dalam segi harga, ternyata menyewa hotel juga bisa lebih mahal ketimbang menyewa hostel. Ia pun menambahkan penjelasan mengapa hotel terkesan jauh lebih mahal. Hotel sendiri memiliki harga yang relatif lebih mahal. Harganya berbeda-beda di tiap kelasnya, mulai hotel bintang dua hingga bintang lima.

Lalu mengenai fasilitas di penginapan jenis ini juga memiliki sifat yang cukup personal. Maksudnya bagi kamu yang menginap di hotel, kamu akan mendapatkan satu kamar dan beserta isinya yang nantinya akan kamu gunakan sendiri saja. Jika ingin lebih dari satu orang, itu juga mereka yang memang masih satu keluarga. Di dalam kamar akan ada kamar mandi sendiri, mendapatkan berbagai fasilitas kamar seperti televisi kabel, AC, dan ukuran kamar yang besar. Sementara itu, di dalam penginapan satu ini terdapat pilihan opsi yang cukup beragam, terdapat kamar dengan tipe yang berbeda. Misalnya, terdapat kamar dengan tipe Deluxe, tipe Superior dan tipe lainnya.

Ukuran Kamar dan Fasilitas Pendukung pun Menjadi Pembeda Kedua Jenis Akomodasi ini

Apa Sih Perbedaan Hotel dan Hostel?
doc. Marcus Loke

Rahmadi menjelaskan rician perbedaan antartipe. Maksudnya perbedaan antartipe ini terletak pada ukuran ruangannya, apakah luas atau minimalis. Lalu berkenaan juga dengan fasilitas pendukung yang akan diperoleh oleh sang penginap, misalnya seperti fitness center, restoran, kolam renang dan fasilitas-fasilitas tambahan lainnya.

Hal tersebut tentunya cukup berbeda dengan yang namanya hostel. Rahmadi menjelaskan terkait hostel, untuk segi harga jelas lebih ramah di kantong. Tentunya akan berhubungan dengan fasilitas yang akan kamu dapatkan di sana. Otomatis, sarana atau fasilitas yang ditawarkan akan berbeda dengan yang diberikan oleh hotel. Mulai dari kamar, ada yang ukurannya besar tetapi digunakan lebih dari satu orang. Ada yang untuk 4 orang hingga 12 orang, tergantung masing-masing hostel.

Fasilitas di Hostel Cenderung Tidak Bersifat Pribadi Seperti Hotel

Apa Sih Perbedaan Hotel dan Hostel?
doc. Helena Lopes

Penjelasan lebih lanjut mengenai hostel, di sana juga kamu tidak dihadapkan dengan pembagian kelas ataupun tipe seperti yang tersedia di hotel. Selain itu, untuk fasilitas yang ditawarkan pada hostel juga bisa kamu nikmati secara bersama-sama dengan tamu lainnya. Jika memang terdapat beberapa opsi, itu pun fasilitasnya masih sama dan kisaran biayanya masih bisa dikategorikan ramah di kantong.

Itulah perbedaan mengenai hotel dan hostel. Bagi kamu yang memiliki niat untuk menikmati hari-harimu dengan berdiam diri di suatu tempat saja atau yang biasa kita sebut dengan istilah staycation, maka pahami dengan seksama perbedaannya ya! Jangan sampai kegiatan staycation kamu nanti menjadi berantakan dan tidak sesuai ekspektasi.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.