Destinasi Indonesia Nusa Tenggara Barat

Pesona Gunung Rinjani Lombok yang Memikat Para Pendaki

Pinterest LinkedIn Tumblr

Gunung Rinjani Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer di Nusa Tenggara Barat. Objek wisata ini menawarkan wisata alam yang penuh tantangan. Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl ini berada di posisi ketiga sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Rinjani berada di wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani yang menjadi destinasi wisata alam yang kaya dengan keindahan.

Pulau Lombok tak hanya menawarkan keindahan pantai tapi juga keindahan gunung dan padang savananya. Nah, jika kamu sudah merencanakan untuk naik Gunung Rinjani Lombok, cobalah untuk singgah di beberapa tempat lain yang juga berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Inilah destinasi menarik tersebut.

Segara Anak

Gunung Rinjani Lombok
Image Source @sukran.oreore

Jika Jawa Timur memiliki Ranu Kumbolo yang berada di Semeru, di Rinjani ada Segara Anak. Wisata danau ini sangat instagenik dan keindahannya tak kalah dari Ranu Kumbolo. Untuk bisa menikmati keindahan Danau Segara Anak, kamu harus mendaki hingga ke puncak Gunung Rinjani Lombok. Danau ini juga dipercaya sebagai tempat tinggalnya para mahluk halus. Tak heran jika masyarakat setempat selalu mengadakan ritual tertentu. Tujuannya agar mahluk-mahluk astral ini tak mengganggu. Selain itu, ritual tersebut merupakan wujud syukur mereka atas berkah yang melimpah.

Palawangan Sembalun

taman nasional
Image Source Flickr.com/pendakiindonesiasatu

Tempat yang relatif luas ini biasanya menjadi tempat bermalamnya para pendaki Gunung Rinjani Lombok. Lokasinya yang langsung berhadapan dengan Segara Anak dan tempatnya yang landai serta rata membuat Palawangan Sembalun tempat yang pas untuk mendirikan tenda. Selain sebagai tempat bermalam dan beristirahat, lokasi ini juga sering dijadikan tempat untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam.

Sembalun Lawang

Gunung Rinjani Lombok
Image Source Flickr.com/Michael/uwandi Chandra

Bagi para pemula, jalur pendakian Sembalun lawang sangat cocok. Para pendaki akan memulai pendakian dari padang savanna Sembulan Lawang. Dengan panjang kira-kira 6 km, objek wisata ini menyajikan pemandangan savana yang khas. Hamparan rerumputan yang ketinggiannya bisa mencapai 1 ~ 1,5 meter ini menyambut para pendaki yang akan naik ke Gunung Rinjai Lombok.

Puncak Rinjani

Image Source Flickr.com/Go Zilla

Sensasi ketika sampai di puncak gunung saat mendaki memang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Maka tak heran jika puncak gunung ini menjadi tujuan utama para pendaki. Dari puncak gunung yang berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini, para pendaki bisa menyaksikan pemandangan Pulau Lombok dan Sumbawa yang mengagumkan.

Gunung Batu Jari

Image Source @teguh_yap

Dikenal juga dengan nama Gunung Anak Rinjani, Gunung Batu Jari merupakan sebuah gunung baru yang berada di kaldera bagian timur kawasan wisata.  Batu Jari memiliki ketinggian hingga 2.296-2.376 mdpl, lebar kawahnya kira-kira 170 m dan panjangnya 200 m dan terbentuk di tahun 1944.

Terletak di atas Segera Anak, gunung kecil yang eksotis ini masih aktif dan sempat meletus beberapa kali. Dalam keadaan normal, Gunung Batu Jari dapat dilihat oleh para pendaki berdiri di dalam kaldera Gunung Rinjani di bagian selatan.

Baca juga Liburan ke Lombok, Jangan Lupa Mampir di Desa Sembalun

Nah, itulah objek wisata yang tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok. Jadi, ingin naik gunung, nggak sih?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.