Informasi

PSBB: Ini Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Aturan Terbaru Pemerintah Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Menanggapi jumlah kasus penderita Covid-19 yang meningkat di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir, pemerintah mulai berlakukan aturan PSBB. Aturan tersebut ditetapkan dan mulai berlaku sejak 31 Maret 2020.

PSBB ini tentunya masih membuat masyarakat kebingungan. Aturan seperti apakah yang berlaku? Bagaimana cara kerjanya? Dalam artikel ini kamu akan mengetahui informasi detail mengenai penerapan dari Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 ini.

Apa itu PSBB?

PSBB merupakan singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar. Peraturan ini diberlakukan untuk mengatasi kasus epidemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Pelaksanaan aturan tersebut telah disahkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto, pada 7 April 2020 lalu. Kepmenkes tersebut mulai berlaku efektif di tanggal yang sama.

Achmad Yurianto-covid19.go.id

Kota yang akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar

Hingga saat ini (8/4), hanya DKI Jakarta yang akan menerapkan PSBB. Aturan tersebut mulai berlaku mulai 10 April nanti. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, juga mengungkapkan ada lima wilayah di Jawa Barat yang akan diajukan untuk pemberlakuan pembatasan Sosial berskala besar. Wilayah tersebut antara lain Depok, Bogor, Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA:

Pimpinan daerah lainnya di Indonesia juga bisa mengajukan PSBB. Namun daerah tersebut harus memenuhi setidaknya dua kriteria, yaitu:

  • Kasus atau tingkat kematian jumlah meningkat tajam dan menyebar dengan cepat ke wilayah lain
  • Memiliki pola penyebaran penyakit yang sama dengan wilayah atau negara lain

Dengan melihat kriteria tersebut, tidak aneh jika DKI Jakarta telah menerapkan aturan PSBB. Hingga 7 April 2020, jumlah kasus Covid-19 di Jakarta telah mencapai 1.395 orang.

Larangan selama PSBB

Selama diberlakukannya PSBB, aktivitas yang dilakukan sebuah wilayah terbatas. Beberapa larangan tersebut antara lain:

  • Kegiatan sekolah dan kerja

Seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah dan tempat kerja akan dihentikan. Namun ada beberapa jenis layanan publik yang masih diizinkan untuk beroperasi selama PSBB, yaitu, lembaga yang berhubungan erat dengan keamanan, kebutuhan pangan, ketertiban umum, bahan bakar minyak dan gas, perekonomian, kesehatan, komunikasi, keuangan, distribusi logistik, dan kebutuhan pokok lainnya.

1 2
Mario
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.