Destinasi Indonesia Kalimantan

Destinasi Wisata Kalimantan Timur, Derawan yang Memukau

Pinterest LinkedIn Tumblr

Wisata Kalimantan Timur yang terkenal dan hampir semua orang akan mengamininya adalah Pulau Derawan. Pulau ini secara administratif terletak di Kabupaten Berau. Spot wisata yang menawan ini pada tahun 2005 mencoba untuk didaftarkan ke UNESCO untuk menjadi situs warisan dunia. Julukan untuk pulau ini adalah Pristine Island yang berarti tempat yang masih asri. Karena itulah tempat di Kaltim ini dikunjungi oleh banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Pulau Derawan di Kalimantan Timur awalnya merupakan sebuah desa administratif tapi kemudian pemerintah mengubah konsepnya. Tempat ini akhirnya menjadi sebuah desa wisata dengan tujuan agar masyarakat setempat peduli dan mau menjaga kelestarian dan kebersihan alamnya. Maka, tak heran jika kamu akan melihat pulau ini bersih dan asri.

Ada banyak tempat wisata di Pulau Derawan. Semuanya tentu memiliki panorama yang indah. Penasaran dengan nama-nama tempatnya? Simak, ya.

Danau Labuan Cermin

wisata kalimantan timur, kaltim
Danau sebening kaca | Image Source @pesonaid_travel

Kalau kamu berpikir objek wisata Kalimantan Timur hanya pantai yang indah saja, kamu akan terkejut saat melihat Danau Labuan Cermin. Lokasinya berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk Kaltimantan Timur. Untuk tiba di sini akan memakan waktu tempuh hampir 6 hingga 7 jam dengan perjalanan darat dari ibu kota Kabupaten Berau.

Karena airnya bening, dasarnya yang berupa pasir laut pun bisa terlihat dari atas. Dinamakan Labuan Cermin karena terdapat lapisan yang membuat cahaya matahari menjadi memantul. Yang unik, danau yang menjadi objek wisata Kalimantan Timur ini memiliki dua rasa. Air permukaan terasa asin sedangkan air dasarnya tawar. Maka orang Kaltim atau wisatawan sering menyebutnya ‘Danau Dua Rasa’. Hati-hati, spot ini lumayan dalam. Kedalamannya mencapai 4 sampai 5 meter.

Pulau Sangalaki

Pulau derawan, Kaltim
Pulau dengan spot diving | Image Source @sang4laki

Selain Pulau Derawan, Pulau Sangalaki adalah objek wisata Kalimantan Timur yang indah. Pulau ini tak berpenghuni dan memiliki dunia bawah laut yang indah. Pulau berpasir putih bersih dan berkilau ini memiliki Taman Laut di sekitarnya. Tempat ini dikenal sebagai lokasi untuk diving dan menyaksikan biota laut, salah satunya ikan Pari Manta. Karena pantainya landai, kamu bisa bermain air atau berenang di sini.

Manta Point

wisata kalimantan timur
Berenang bersama manta ray | Image Source @dullie

Lokasi untuk melihat hewan besar bernama ikan Pari Manta tak hanya ada di Bali, di Kaltim pun ada. Tempatnya agak jauh dari Pulau Sangalaki. Berlibur ke Pulau Derawan tak akan lengkap jika kamu tak mencoba berenang bersama Manta Ray yang jumlahnya puluhan.

Pulau Maratua

Pulau dengan air laut berwarna toska | Image Source @cumicuku

Salah satu pulau di Kepulauan Derawan yang memiliki laut berwarna biru toska cerah adalah Pulau Maratua. Para penggemar snorkeling atau fotografi pasti tak akan begitu saja melewatkan  pulau ini. Di sini kamu bisa mendapatkan hasil jepretan yang instagenik. Jadi jangan lewatkan untuk berkunjung ke salah satu destinasi wisata Kalimantan Timur ini.

Goa Haji Mangku

pulau derawan kaltim
Goa indah di Kaltim | Image Source @mommeeestee

Tak hanya pantai dan danau, wisata Kalimantan Timur juga menawarkan keindahan goa. Di sini ada goa yang bernama Goa Haji Mangku. Bibir goanya berbentuk vertikal dan bagian dalamnya penuh dengan air. Objek wisata ini lebih mirip dengan kolam atau danau jika dilihat sekilas. Kamu bisa menikmati olahraga berenang di goa ini.

Baca juga Liburan ke Pulau Labengki

Pulau Derawan di Kaltim wajib masuk dalam destinasi liburanmu karena keindahannya sudah tak diragukan lagi. Segera jadwalkan waktu untuk berlibur, guys!

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.