Destinasi Sumatera

Pulau Weh: Menikmati Keindahan Alam Di Pulau Seribu Benteng

Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia memiliki sejuta keindahan alamnya yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu di antara beragam destinasi wisata yang ada di Indonesia, Aceh menawarkan pesona alam dari Pulau Weh, pulau seribu benteng.

Untuk mencapai Pulau Weh, Kamu bisa menggunakan sebuah kapal feri atau kapal cepat dari Pelabuhan Ulee Lheue. Kamu bisa memilih tiga waktu keberangkatan kapal feri yang bisa kamu pilih, yaitu 8 pagi, 11 siang, dan 4 sore.

Tapi jika kamu ingin menghemat waktu, kamu bisa menggunakan kapal cepat yang berangkat dua kali sehari, yaitu pukul 8 pagi dan 2.30 siang. Untuk tarifnya, kapal feri jauh lebih murah daripada kapal cepat. Tapi dengan menaiki kapal cepat, kamu bisa mencapai Pulau Weh dalam waktu 45 menit saja.

Tempat wisata di Pulau Weh

Ada beragam lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di pulau ini. Beberapa lokasi tersebut antara lain:

  • Tugu Nol Kilometer
Tugu Nol Kilometer-tripcetera.com

Sebelum berkunjung ke spot wisata lain di pulau ini, kamu wajib datang ke lokasi tugu Nol Kilometer ini. Apa sih yang menarik dari tempat ini? Tugu Nol Kilometer adalah tempat dimana kilometer Indonesia mulai diukur.

Setiap pengunjung yang datang ke lokasi ini akan mendapatkan sertifikat Nol Kilometer. Tapi yang terpenting, jangan lupa untuk mengabadikan momen kamu di sini. Sayang sekali jika kamu tidak bisa bergaya di tempat dengan pemandangan hamparan laut yang memukau.

BACA JUGA:

  • Wisata air terjun Pria Laot
Nikmati kesejukan di air terjun Pria Laot-pinterest.com

Nama air terjun ini berasal dari nama desa tempat lokasi wisata ini berada. Jangan berharap untuk menemukan air terjun dengan ketinggian hingga ratusan meter. Air terjun Pria Laot ini hanya setinggi 10-meter saja. Danau yang berada di bawah air terjun ini juga hanya memiliki kedalaman antara 1-meter hingga 1.5-meter saja. Tapi kamu bisa menikmati kesejukan yang ditawarkan salah satu tempat wisata di Pulau Weh ini.

  • Wisata benteng
benteng peninggalan jepang di pulau weh aceh
Benteng Anoi Itam-helloindonesia.id

Hal menarik yang dimiliki Pulau Weh ini adalah julukannya sebagai pulau seribu benteng. Kenyataannya, di pulau ini memang terdapat banyak sekali benteng peninggalan Jepang. Benteng-benteng ini diperkirakan di bangun antara tahun 1942-1945.

Benteng-benteng tersebut biasanya digunakan tentara Jepang sebagai tempat penyimpanan senjata. Bahkan di beberapa tempat, kamu masih bisa melihat beberapa senjata seperti meriam. Bukan hanya wisata sejarah yang akan kamu dapatkan saat berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini. Kamu juga bisa menikmati indahnya Pantai Anoi Itam yang berada didekatnya.

Masih banyak lokasi wisata Pulau Weh yang bisa kamu kunjungi selain yang telah disebutkan diatas. Apa kamu sendiri memiliki tempat favorit di pulau paling ujung di Indonesia ini>

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.