Destinasi Sulawesi

Pusat Laut Donggala, Destinasi Wisata Sulawesi Tengah yang Unik

Pinterest LinkedIn Tumblr

Destinasi wisata Sulawesi umumnya didominasi oleh wisata bahari. Pulau yang dulu dikenal juga dengan nama Celebes ini memang terkenal dengan pantai dan alam bawah lautnya yang indah. Salah satu provinsi di Sulawesi, yaitu Sulawesi Tengah memiliki destinasi wisata yang unik. Donggala, yang merupakan ibu kota kabupaten di provinsi Sulteng ini, memiliki sebuah destinasi wisata yang memukau.

Nama destinasi wisata itu adalah Pusat Laut Donggala. Tempat wisata donggala ini berhubungan dengan wisata bahari. Wisata pusat laut Donggala sudah ini bentuknya mirip dengan sebuah sumur dan memiliki nama yang bermacam-macam. Lokasi Pusat Laut Donggala berada di Dusun Simbe, di Desa Limboro, Kabupaten Donggala. Destinasi wisata ini menjadi wisata Donggala yang favorit. Untuk bisa menikmati keindahan objek wisata ini dengan leluasa, pengunjung harus datang di weekday karena tempat ini sangat terkenal.

Sejarah Wisata Pusat Laut Donggala

Destinasi wisata Sulawesi Tengah ini dikenal juga dengan nama Pusentasi. Nama  Pusentasi sendiri merupakan sebuah kata dari bahasa Kaili, yaitu suku asli Sulawesi Tengah.  Kata pusen  artinya pusat dan tasi artinya laut. Objek wisata ini terbentuk secara alami dan memiliki diameter kira-kira 10 meter. Adapun kedalamannya 7 meter.  Pusentasi mirip seperti sink hole dan dikabarkan bahwa sumur besar ini merupakan sumur terbesar pertama di dunia. Wisata Pusat Laut Donggala resmi menjadi sebuah destinasi wisata pada tahun 2000. Sedihnya, kota kabupaten ini sempat dihantam tsunami yang memporak-porandakan kota tersebut pada tahun 2018.

Keunikan Sumur Raksasa

Pusat Laut Donggala | Image Source @ferry_ramadhani

Keunikan dari Pusentasi adalah kedalaman air lautnya yang dapat berubah-ubah bergantung kondisi lautnya. Saat laut sedang pasang, permukaan air di objek wisata yang mirip sumur besar ini tingginya akan berubah turun menjadi 5 meter. Namun, saat laut mengalami surut, permukaan air akan naik menjadi 7 meter.

Air di sumur ini disebutkan berasal dari Laut Donggala karena disinyalir terdapat terowongan bawah tanah yang menjadi penghubung antara objek wisata ini dengan laut lepas. Fakta ini masih berupa perkiraan karena masih belum terkonfirmasi.

Pusentasi memiliki air yang jernih berwarna biru. Meski tampak terpisah dari laut, air di sini sama asinnya dengan air laut karena lokasinya memang tak jauh dari pantai. Jadi jangan coba-coba untuk meminumnya kecuali kamu penasaran.

Satu lagi keunikan Pusat Laut Donggala, yaitu airnya tidak pernah berubah menjadi keruh mesti banyak dipakai untuk berenang oleh pengunjung.

Pantai Donggala

Pantai Tanjung Karang Donggala | Image Source Flickr/Wisnu Purwanto

Destinasi wisata ini letaknya berdekatan dengan Pantai Donggala. Pantai ini tak kalah cantiknya dengan pantai-pantai lain di Indonesia. Selain memiliki bibir pantai yang cukup luas, ombak di Pantai Donggala juga landai sehingga pengunjung dapat bebas bermain juga berenang. Pasirnya berwarna putih bersih, menambah keeksotisan pantai  ini.

Akses

Dua objek wisata Donggala ini dapat diakses dengan mudah. Dari Kota Palu, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Jaraknya dari Palu sekitar 45 km dengan jarak tempuh kira-kira 45 menit.

Wisata Pusat Laut Donggala bisa jadi alternatif wisata unik untuk liburan akhir tahunmu. Tertarik untuk pergi ke sana?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.