Seni dan Budaya

Ribuan Koleksi Naskah Kuno Perpusnas Bisa Kamu Buka dari Rumah Loh!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mengisi waktu karantina dengan di rumah bisa dilakukan dengan berbagai aktivitas sederhana. Ada yang mengisi dengan belajar memasak, berkebun, menonton film, dan membaca buku. Jika kamu sudah kehabisan stok buku untuk dibaca, kamu bisa mencoba membuka koleksi buku di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Tapi, bukannya perpusnas tutup ya? Eits, jangan salah! Meski pun Perpusnas tutup untuk mengurangi penyebaran wabah virus corona, tetapi perpustakaan ini membuka koleksi digitalnya secara online. Kita pun bisa mengaksesnya secara gratis loh!

1.792 Koleksi Naskah Kuno

Naskah Kuno Perpusnas
Naskah “Serat Nitik PB 6” | Image credit: khastara.perpusnas.go.id

Bagi kamu para pecinta sejarah dan budaya, dalam situs Khasanah Pustaka Nusantara yang dimiliki oleh Perpusnas, terdapat ribuan koleksi naskah kuno yang digitalisasi. Koleksi naskah kuno di sini mencapai 1.792 buah.

Tak sulit untuk mengakses naskah-naskah tersebut. Cukup dengan membuka situs Khasanah Pustaka Nusantara, lalu tersedia mesin pencarian untuk mencari judul naskah yang hendak dicari. Jika kamu ingin menjelajahi koleksinya, kamu pun bisa memilih pilihan menu “Naskah Kuno” yang terdapat pada bagian bawah mesin pencarian.

Naskah-naskah tersebut merupakan naskah tulisan tangan dengan huruf-huruf tradisional Nusantara. Manuskrip ini menyimpan jejak sejarah kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia, seperti budaya Jawa, Batak, Bugis, dan masih banyak lagi.

Para ahli sejarah dan filologi menggunakan naskah-naskah tersebut untuk mencari tahun jejak sejarah peradaban dan pola kebudayaan yang pernah hadir di Indonesia.

Mulai dari Peta Hinga Koran Langka

Selain naskah-naskah kuno, di situs Khasanah Pustaka Nusantara juga kamu bisa menemukan koleksi unik lain. Mulai dari buku langka, peta, foto, gambar, lukisan, hingga majalah dan koran langka. Masing-masing jenis koleksi berjumlah puluhan hingga ratusan buah.

Uniknya lagi, Perpunas juga mengarsipkan banyak hal lain seperti poster film, album musik, dan kitab-kitab. Kamu akan menemukan poster-poster jaman dulu yang langka dan menarik di sini. Selain itu, ada ribuan peta yang menarik untuk dipelajari dan dilihat. Mulai dari peta gunung, daerah-daerah terpencil, hingga peta kota metropolitan.

Yuk isi waktu karantina di rumah dengan menjelajahi koleksi Perpustakaan Nasional RI!

Baca juga Mau Tetap Makan Sehat Saat Work From Home? Ikuti Saja 5 Tips Ini!

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.