Teknologi

Robot Dengan Kecerdasan Buatan Ini Gantikan Peran Manusia Dalam Film

Pinterest LinkedIn Tumblr

Beradu akting dalam sebuah film tentunya bukan hal mudah untuk dilakukan. Namun kini robot dengan kecerdasan buatan dipercaya untuk menjadi karakter utama dalam sebuah film bergenre fiksi ilmiah berjudul “b”.

Hal ini tentunya menjadi perbincangan hangat. Pasalnya para aktor dan aktris mampu memerankan sebuah karakter dengan sangat baik berdasarkan emosi yang pernah dialaminya. Namun robot dengan kecerdasan buatan bernama Erica ini tidak memiliki pengalaman emosi apa pun.

Kisah robot AI dalam “b”

Teknologi kecerdasan buatan mulai merambah industri film-educateinspirechange.org

Film ini merupakan proyek kolaborasi antara Tarek Zohdy, Eric Pham, dan Sam Khoze. Film “b” sendiri menceritakan tentang seorang ilmuwan yang menjalankan program untuk menciptakan DNA manusia yang sempurna ternyata harus menghadapi konsekuensi. Akhirnya sang ilmuwan harus membantu sesosok perempuan dengan kecerdasan buatan yang ia ciptakan.

Erica si robot canggih

Robot yang dibekali dengan kecerdasan buatan ini diciptakan oleh seorang ilmuwan robot Jepang bernama Hiroshi Ishiguro dan Kohei Ogawa. Erica diajarkan teknik berakting melalui simulasi tindakan manusia. Hal ini dijelaskan langsung oleh Khoze.

Karena Erica tidak pernah memiliki pengalaman hidup sebelumnya, Erica harus diajarkan untuk meniru gerakan dan emosi manusia. Simulasi ini dilakukan secara langsung agar Erica bisa mengatur kecepatan geraknya, berbicara lewat emosinya, memahami pengembangan sebuah karakter, dan bahasa tubuhnya.

ARTIKEL TERKAIT:

Awalnya, robot AI ini akan berperan dalam film 2nd Son yang diproduseri Khoze dan Tony Kaye. Namun karena jadwal yang bentrok, film ini terpaksa harus dibatalkan. Tapi film “b” yang menghabiskan dana hingga US$70 juta ini menjadi film pertama yang dibintangi robot dengan kecerdasan buatan.

robot dengan teknologi canggih
Erica bisa meniru emosi dan gerakan manusia-exclaim.ca

Kepala Digital Domain di Digital Humans Group, Darren Hendler, mengungkapkan bahwa revolusi AI ini perlahan sudah merambah industri perfilman. Ia juga menyatakan bahwa kreativitas antara manusia dan AI ini bisa saling bekerja sama dengan baik dan berkembang bersama.

Apakah  teknologi robot dengan kecerdasan buatan ini juga akan merambah industri lainnya? Kita tunggu saja perkembangan teknologi dunia yang semakin pesat ini.

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.