Destinasi Informasi

Ruang Baca Jakarta, Perpustakaan Mini untuk Pengguna MRT di Jakarta

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi warga Jakarta, khususnya di kawasan Jakarta pusat, MRT menjadi salah satu alternatif transportasi publik yang ekonomis dan nyaman. Selain pelayanan untuk transportasi, pihak MRT pun memberikan layanan perpustakaan yang dinamakan Ruang Baca Jakarta.

Perpustakaan ini diluncurkan pada September 2019 sebagai salah satu upaya dalam mendorong minat baca masyarakat, khususnya di Jakarta.

Lokasinya berada di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, tepatnya di Terowongan Kendal, tak jauh dari stasiun MRT. Ruang Baca Jakarta menjadi alternatif menarik untuk kamu yang sedang menunggu jadwal MRT atau sekadar jalan-jalan melintasi kawasan ini.

Perpustakaan Kecil yang Asik

Ruang Baca Jakarta
Image credit: instagram.com/chozin.id

Tidak sulit untuk menemukan Ruang Baca Jakarta. Bentuk perpustakaan ini dirancang dengan warna biru tua dengan penanda yang berukuran besar. Pintu dan jendela kacanya yang besar cukup memberikan penerangan alami untuk bagian dalamnya.

Di dalam perpustakaan kecil ini terdapat berbagai koleksi buku dari beragam genre, mulai dari komik, novel, ensiklopedia, hingga majalah. Terdapat tiga buah rak buku dengan desain yang menarik untuk meletakan koleksi-koleksinya. Buku-buku tersebut tidak untuk dipinjam keluar, jadi hanya untuk dibaca di tempat.

Meski begitu, di perpustakaan ini tentu sudah disediakan tempat yang asik untuk duduk sambil membaca. Di sini terdapat dua meja dengan delapan kursi, serta sebuah sofa kecil. Ruangannya pun dilengkapi dengan  air conditioner sehingga ruangan akan senantiasa sejuk di tengah panasnya Jakarta.

Mengajak Kita untuk Turut Mendonasikan Buku

Ruang Baca Jakarta
Image credit: instagram.com/chozin.id

Kita pun bisa menyumbangkan buku-buku ke perpustakaan ini untuk menambah koleksi dan meningkatkan minat membaca warna ibu kota. Ada sebuah kotak donasi buku yang sudah disediakan di tempat ini.

Sambil menikmati fasilitas yang disediakan di Ruang Baca Jakarta, kita juga bisa menikmati pemandangan downtown Jakarta dari balik jendelanya. Jangan lupa untuk tetap menjaga ketertiban dan kebersihan tempat ini ya.

Jika kamu tertarik untuk singgah di perpustakaan kecil ini, datanglah ke Terowongan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Ruang Baca Jakarta dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 18.00. Fasilitas yang disediakan ini tidak akan merogoh kocek, alias gratis!

Baca juga Mengenal Seni Islam di Museum Benaki, Athena, Yunani

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.