Kuliner

Selain Opor Ayam, 9 Menu Alternatif Ini Cocok Disajikan Saat Idul Fitri

Pinterest LinkedIn Tumblr

Opor ayam sudah dikenal sebagai salah satu menu wajib saat Hari Raya Idul Fitri. Hidangan yang populer di Jawa ini juga menjadi hidangan yang cocok bila disantap bersama ketupat. Tetapi, selain menu ayam bersantan ini, kamu juga bisa menyajikan menu alternatif lain yang tak kalah nikmatnya bila disantap saat perayaan hari besar bagi umat Islam ini. Apa saja menunya?

Soto Padang

soto padang pengganti opor ayam
Source: liputan6.com

Bisa dibilang soto padang memiliki rasa yang lebih ringan daripada opor ayam yang bersantan. Salah satu makanan khas Padang ini memiliki kuah yang bening berempah dengan berbagai isian seperti soun, potongan daging sapi, dan perkedel sebagai pelengkap. Lebih nikmat lagi bila disantap bersama kerupuk merah atau kerupuk pink.

Pempek Palembang

pempek bisa jadi menu alternatif
Source: vokasi.co.id

Jangan salah, pempek khas Palembang juga cocok kok disajikan sebagai menu Lebaran bagi kamu yang bosan dengan opor ayam. Perpaduan rasa yang gurih dan segar dari kuah cukonya selalu bikin pecinta kuliner ketagihan untuk mencicipinya.

Sate Lilit

sate lilit bisa disajikan saat idul fitri
Source: idntimes.com

Sate yang berasal dari Bali ini bisa kamu sajikan sebagai menu Lebaran pengganti opor ayam juga. Biasanya sate lilit terbuat dari daging sapi atau ayam yang dililitkan pada batang serai sebagai tusukan satenya.

Sate Taichan

sate taichan bisa dijadikan pengganti opor ayam
Source: dapurkobe.co.id

Satu lagi olahan sate yang pas disajikan sebagai menu alternatif pengganti opor ayam. Perpaduan rasa gurih dari potongan daging dan kuah satenya akan semakin nikmat bila disantap bersama ketupat.

Semur Daging

semur daging menu alternatif lebaran
Source: masakapahariini.com

Semur daging menjadi menu Lebaran yang umumnya disajikan, khususnya oleh masyarakat Betawi. Hidangan ini juga memiliki campuran rasa gurih, manis, dan pedas menjadi satu. Tentunya semur menjadi teman makan ketupat yang pas selain opor ayam. Bukan cuman daging yang bisa dijadikan bahan utama semur, bahan lain seperti tahu pun tak kalah nikmatnya.

Bakso

bakso kerap diburu saat idul fitri
Source: netz.id

Kalau kamu perhatikan, penjual bakso selalu ramai saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Tetapi, karena Lebaran tahun ini kamu hanya bisa diam #dirumahaja, gak mungkin kan hunting bakso keluar rumah? Nah, sebagai alternatif, buat saja bakso di rumah dan jadikan sebagai menu pengganti opor ayam kalau kamu bosan menyantap hidangan bersantan tersebut.

Ayam Betutu

ayam betutu bisa jadi pengganti opor ayam
Source: id.wikipedia.org

Ingin hidangan berbahan dasar ayam selain opor ayam? Coba saja ayam betutu! Hidangan khas Bali ini memiliki cita rasa pedas yang akan menggoyang lidah para pecinta kuliner pedas.

Rawon

rawon bisa jadi menu alternatif lebaran
Source: masakapahariini.com

Si hitam khas Jawa Timur ini juga bisa dijadikan sebagai menu Lebaran pengganti opor ayam. Mau dimakan sama nasi atau ketupat, pokoknya rawon akan semakin lezat dan terasa segar saat disantap.

Tongseng

tongseng bisa jadi hidangan saat idul fitri
Source: masakapahariini.com

Ada lagi nih menu daging-dagingan yang bisa jadi pengganti opor ayam. Kuah gurih yang dimiliki tongseng bakal pas dipadukan bersama ketupat Lebaran.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.