Destinasi Indonesia Papua

Selain Pantai, Ini Keindahan Pulau Biak yang Bisa Kamu Nikmati

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pulau Biak merupakan salah satu pulau terkecil yang ada di Provinsi Papua. Namun, keindahannya tidak kalah juga dengan keindahan yang ditawarkan beragam tempat wisata di provinsi ini. Selain itu, pulau ini memiliki keindahan lain di luar laut dan pantai pasir putihnya. Penasaran apa saja yang bisa kamu nikmati di pulai ini? Kalau begitu saatnya kita menjelajah keindahan lain di pulau ini!

Telaga Biru Samares

telaga biru di pulau biak
Image source: @aditosan

Sering disebut juga Wopersnondi oleh penduduk sekitar, telaga ini berlokasi di Desa Samares, Distrik Biak, Kabupaten Biak Numfor. Sesuai dengan namanya, telaga ini memiliki air jernih berwarna biru sampai-sampai kamu bisa melihat dasar telaga ini lho! Dibutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam untuk sampai ke lokasi ini dari Biak dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Air Terjun Karmon

Image source: @petualangvirall

Salah satu pesona Pulau Biak terdapat pada Air Terjun Karmon yang terletak di Kampung Karmon, Biak Utara. Air terjun ini memiliki dinding batu yang terpahat dengan indah akibat proses alam.  Tinggi dinding batu tersebut sekitar 20 meter dan apabila intensitas air hujan sedang tinggi, dinding batu akan dialiri air yang deras hingga ke kaki air terjun. Menurut penduduk setempat, di atas Air Terjun Karmon terdapat air terjun lagi yang bisa didatangi dengan menelusuri area Air Terjun Karmon.

Air Terjun Wafsarak

Image source: @haryanta_budi

Dikenal sebagai salah satu destinasi wisata jagoannya Biak, Air Terjun Wafsarak berada di daerah Distrik Warsa, Kabupaten Byak Napa Swandiwe.  Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 10 meter ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menambah ketenangan suasana di sekitar. Terdapat akar-akar pohon yang menjuntai di sisi air terjun yang sering digunakan anak-anak sekitar untuk dipanjat sebelum terjun ke air. Air terjun ini juga tidak jauh dari tempat bertemunya air tawar dan air asin Samudera Pasifik, yakni sekitar 100 menter.

Telaga Waridori

Bila kamu ingin tahu pesona lain dari Pulau Biak selain pantainya, datang saja ke Kampung Animi, Distrik Oridek. Di sana terdapat sebuah telaga yang dikenal dengan nama Telaga Waridori. Air di telaga ini sangatlah jernih dan dangkal sehingga cocok untuk dijadikan tempat bermain anak-anak. Warga sekitar saja sering membawa anak mereka, bahkan batita/balita, ke Telaga Waridori untuk bermain air. Selain itu, berswisata di telaga ini pun tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.