Inspirasi

Diam di Rumah, Yuk Bersihkan Brush Make Up Dengan Cara Tepat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Brush make up atau kuas make up biasanya menjadi make up tools yang paling malas untuk dibersihkan. Apalagi jika kamu menggunakan make up setiap hari, mana sempat kamu membersihkan make up kit. Terlebih make up kit kamu digunakan setiap hari, tentu tak terbayang bakteri penyebab jerawat tersebut tertumpuk. Maka selama kamu karantina mandiri atau diam di rumah karena pandemi virus corona, luangkan waktu kamu untuk membersihkan make up tools kamu – terutama kuas make up kamu.

Brush Make Up yang tidak Higienis Dapat Menjadi Penyebab Masalah Kulit

Diam di Rumah, Yuk Bersihkan Brush Make Up Dengan Cara Tepat
pixabay.com

Jika mengutip Glamour.com, dokter kulit Loretta Ciraldo mengatakan bahwa kuas make up dapat menumpukkan bakteri dan jamur. Dengan begitu bakter dan kotoran pada kuas dapat mengakibatkan berbagai masalah kulit, termasuk jerawat dan dermatitis. Jika dilihat pada beberapa kasus masalah kulit yang serius.

Bahkan, jika mengutip Allure.com, make up artist – Bobbi Brown pun menyarankan brush harus selalu bersih karena bersentuhan langsung dengan kulit wajah. Brown seringkali menggunakan brush untuk make up bagian mata. Untuk itu Brown sangat menyarankan, eye make up brush harus sering dicuci karena ada kontak langsung dengan mata. Setidaknya dua kali dalam sebulan, kuas bagian mata dicuci.

Tentu kamu tidak mau kan terkena berbagai masalah kulit karena malas membersihkan make up tools kamu di rumah? Jangan malas lagi. Untuk itu, mulai sekarang rawatlah kulit dengan langkah tepat dan mudah seperti berikut.

Siapkan Perlengkapan Pembersih Brush Make Up Kamu

Diam di Rumah, Yuk Bersihkan Brush Make Up Dengan Cara Tepat
Allure.com

Untuk membersihkan brush make up kesayangan, kamu memerlukan alat yaitu sabun cair, sabun cuci piring atau sampo, kemudian air hangat, dan wadah. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan sampo, Ciraldo menyarankan untuk memilih sampo tanpa ada kandungan sulfat di dalamnya. Ciraldo mengatakan, saat kamu membilasnya, hindari penggunaan asam sulfat. Karena asam sulfat dapat meninggalkan residu pada kuas. Sehngga saat penggunaan kuas, dapat menyebabkan iritasi dan menutup pori-pori atau pore clogging.

Seorang penata rias, Kasey Spickaerd pun mengungkapkan jika alkohol 70 persen pun dapat membantu membersihkan kuas kamu dari make up yang bersifat waterproof.

Jangan Tergesa-Gesa, Lakukan Pembersihan Secara Perlahan

Masukkan air hangat ke dalam wadah yang telah ditetesi sabun cair atau sampo. Lalu tenggelamkan brush make up pada wadah, sambil diusap dengan lembut pada bagian bawah wadah. Namun jika pada tahap awal kamu sudah menggunakan sabun batang. Prosesnya tentu akan berbeda, yakni dengan menggosok bagian sikat kamu pada sabun batang. Kemudian lanjutkan proses gosok di bawah air mengalir.

Bilas Brush yang Sudah Disabuni, Lalu Keringkan

Jika sudah tampak bersih tanpa noda, bilas dengan air hangat. Selama membilas, lakukan gerakan jepit-dorong menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Gerakan tersebut dilakukan agar brush kamu dipastikan bersih dari sabun. Ciraldo pun menyarankan, saat akan dikeringkan – keringkan brush kamu dengan handuk. Caranya yang tepat adalah dengan cara, letakkan brush kamu pada handuk. Kemudian gulung handuk tersebut dan letakkan brush kamu dengan cara membalikkannya. Memposisikan sikatnya di bawah memudahkan air turun dan tidak mengendap pada sikat.

Mudah dan singkat kan? Jangan lagi malas membersihkan brush ya. Agar kulit kamu tidak terpapar bakteri, apalagi kamu punya banyak waktu selama karantina mandiri karena virus corona. Waktunya kamu membersihkan perlengkapan make up kamu!

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.