Teknologi

Selamat Hari Satelit Palapa! Yuk Kenalan dengan Satelit Indonesia Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kehidupan sehari-hari kita kini memang tak bisa lepas dari komunikasi dan informasi. Terlebih dalam era serba digital ini, komunikasi jarak jauh sudah menjadi kebutuhan yang melekat bagi siapa saja. Semua kebutuhan penyampaian komunikasi dan informasi kita tentu saja ditunjang oleh berbagai aspek, salah satunya adalah satelit. Benda yang satu ini diorbitkan ke luar angkasa untuk menerima dan menyalurkan kembali sinyal itu ke Bumi. Indonesia sendiri memiliki satelit yang dinamakan Satelit Palapa. Satelit ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 8 Juli 1976 dari Kennedy Space Center di Tanjung Canaveral oleh roket Amerika Serikat.

Diambil dan Nama Sumpah Gajah Mada

satelit palapa
Image source: NASA

Nama Palapa sendiri terinspirasi dari Sumpah Palapa, yakni pernyataan Gajah Mada dalam upacara pengangkatan Patih Amangkubhumi untuk kerajaan Majapahit pada tahun 1336. Dalam sumpah tersebut, Gajah Mada menyatakan janjinya untuk mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Pahan, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, dan Tumasik. Maka kawasan kepulauan di Nusantara akan disatukan di bawah Majapahit.

Dari makna sumpah tersebut, Satelit Palapa pun memiliki visi untuk menyatukan koneksi komunikasi dan informasi di seluruh Indonesia. Pada saat itu, Indonesia pun menjadi negara pertama di Asia yang meluncurkan satelit ke luar angkasa dengan Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD).

Peluncuran Pertama Satelit untuk Sinyal Telepon

satelit palapa
Image source: viva news

Satelit pertama yang diorbitkan merupakan Satelit Palapa A1. Setelah diluncurkan, satelit ini mulai berfungsi pada tanggal 16 Agustus 1976. Satelit Palapa A2 menyusul diluncurkan pada tahun setelahnya, 10 Maret 1977.

Kedua satelit tersebut dapat mengonsentrasikan sinyal di seluruh Indonesia. Sinyal di negara tetangga pun, seperti Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand, pun dapat dikuatkan oleh satelit ini. Palapa A1 digunakan untuk sinyal telepon, sementara Palapa A2 untuk sinyal televisi nasional.

Saat ini sudah ada 10 Satelit Palapa yang telah diluncurkan. Satu di antaranya, yakni Palapa B2, gagal dalam peluncurkannya pada tahun 1984. Kemudian diluncurkan kembali dengan nama Palapa B2R.

Selain Satelit Palapa, Indonesia pun memiliki beberapa satelit lainnya seperti Satelit Cakrawarta (Indostar), Telkom, Garuda, INASAT-1, LAPAN –TUBSAT, Lippostar, dan BRIsat. Dengan adanya satelit-satelit, tentu berbagai kebutuhan keseharian kita semakin termudahkan dalam berbagai aspek.

Baca juga Jam Tangan Porsche, Bentuk Adaptasi Dari Desain Mobil Yang Memukau

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.