Inspirasi Travel Tips

Siapkan Hal Berikut Ini Kalau Kamu Traveling Ke Kawah Ijen

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kalau kamu sedang berada di Banyuwangi dan sekitarnya, luangkan waktumu untuk mampir ke Kawah Ijen. salah satu destinasi wisata yang terletak di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banyuwangi ini adalah sebuah rangkaian gunung api komposit yang masih aktif.

Wisata kawah yang terdiri dari gugusan gunung tinggi yang mengerucut ini adalah salah satu spot favorit bagi para traveler. Salah satu primadona dari tempat wisata ini adalah api biru yang menyala di malam hari. Warna birunya terlihat cantik. Api ini hanya ada dua loh di dunia. selain di Indonesia, negara lain yang mempunyai fenomena serupa adalah Islandia.

Buat kamu yang penasaran dengan kawah Ijen dan api biru serta pemandangan luar biasanya, siapkan dulu beberapa hal berikut.

Stamina Yang Prima

Mendaki bukanlah sebuah kegiatan yang ringan. Untuk melakukan olahraga ini tubuhmu harus benar-benar fit. Meskipun kawah ijen bukanlah sebuah gunung yang khusus dikunjungi untuk tujuan pendakian namun bukan rahasia umum lagi jika medan pendakian di Kawah Ijen cukup berat. Kamu perlu stamina yang kuat. Belerang yang pekat bisa menghambat perjalanan kamu juga loh. jika kamu merasa tubuhmu sedang kurang fit, lebih baik urungkan saja rencanamu untuk melihat keindahan kawah ini.

Gunakan Masker Respirator

Tidak hanya di kawah ijen, menggunakan masker adalah wajib bagi mereka yang mengunjungi tempat wisata gunung api yang mengeluarkan asap belerang. Belerang, meskipun banyak manfaat bagi manusia namun jika terlalu banyak terhirup maka itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan bahkan kematian. Namun, bukan sembarang masker, untuk di lokasi seperti Kawah Ijen dengan asap belerangnya yang pekat, pengunjung disarankan untuk memakai masker respirator. Masker ini dilengkapi filter yang mampu menahan asap agar tidak terhirup.

Mengenakan Baju Yang Nyaman dan Melindungi Tubuh

Kawah ijen mempunyai suhu yang ekstrem. Di bulan Mei hingga September suhunya bisa mencapai 50C. Oleh karena itu wisatawan disarankan untuk memakai baju yang nyaman dan mampu menahan udara dingin selama pendakian kawah. Jangan sampai di tengah pendakian kamu terkena hipotermia.

kawah ijen
sumber: pinterest

Mendaki Pukul 01:00 wib

Jika kamu ingin menikmati fenomena nyala api biru yang menawan, kamu harus datang ke Kawah Ijen pukul 01:00 wib. Sebaiknya kamu bergegas untuk mencapai titik tempat api biru nyala karena menjelang pukul 05:00 wib api akan semakin mengecil.

wisata kawah ijen
sumber: instagram/kawahijenindonesia

Berkunjung Saat Musim Kemarau

Musim kemarau adalah waktu yang pas untuk mengunjungi kawah ijen. Di waktu ini api biru cenderung menyala lebih besar dari musim lainnya.  Selain itu mendaki pada musim kering lebih aman ketimbang musim hujan yang beresiko karena medan menjadi lebih licin dan rawan terjadi kecelakaan.

Well, itu dia persiapan dasar yang wajib kamu bawa. Jangan sampai ada yang ketinggalan.

Baca juga:

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.