Inspirasi Kuliner

Suka Minum Kopi? Berikut Kudapan yang Pas Untuk Menemani Kopi Kamu

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa sih yang tidak suka ngopi? Budaya minum kopi masih terus dilakukan oleh banyak orang. Setidaknya orang-orang akan meluangkan 15 menitnya untuk ngopi.

Namun sayangnya, rasanya akan berbeda jika minum kopi tanpa kudapan. Bahkan kebiasaan orang-orang tempo dulu, setidaknya menyiapkan kue kering atau roti untuk menemani kopinya. Betul adanya, jika kopi terbaik nusantara seperti Aceh Gayo, Kopi Toraja, Kintamani, Flores Bajawa, nikmat untuk disesap. Namun, akan tetap kurang jika tidak didampingi kudapan yang pas.

Mengutip CNN Indonesia, Mirza Lukman selaku Learning Development Starbucks Indonesia mengungkapkan problema ini. Kudapan yang pas itu jika kopi dan kudapan disantap di waktu yang sama, cita rasa kopi tidak hilang atau kontras.

Lalu, bagaimana seharusnya kudapan yang pas untuk menikmati kopi khas nusantara? Berikut beberapa kudapan yang pas untuk menemani minum kopi kamu, berdasarkan jenis biji kopinya.

Kopi Toraja

Biji kopi Toraja yang cenderung memiliki rasa coklat atau kacang menjadikan kopi ini memiliki rasa tebal. Bahkan di beberapa daerah terdapat rasa woody. Kamu bisa menemani kopi Toraja ini dengan kudapan manis dan menggunakan gula aren.

Kudapan seperti pisang, singkong goreng, dan kacang bisa menjadi pilihan kamu untuk menemani kopi kamu. Karena kudapan tersebut tidak akan mendominasi rasa dari kopinya.

Kopi Sumatra

Kopi Sumatra dikenal dengan body yang tebal serta tingkat asam yang rendah. Mungkin akan terbayang seperti apa rasa pekatnya kopi Sumatra. Maka dari itu, kamu bisa menyocokkan body yang tebal khas kopi Sumatra dengan kudapan semacam kue basah.

Mirza mengungkapkan jika ingin mencari referensi kudapan untuk kopi satu ini, maka cicipi ombusombus khas Batak. Kudapan yang terbuat dari olahan tepung beras dan gula aren, lalu dibungkus dengan daun pisang. Dengan begitu, gula aren dari ombusombus akan menyatu dengan rasa kopi yang tebal.

Kopi Bali Kintamani

Berbeda dengan kopi sebelumnya, Bali Kintamani sudah tidak perlu ditanyakan lagi ciri khasnya. Bali Kintamani memiliki rasa yang cenderung ringan dengan tingkat keasaman tinggi. Tidak jarang Bali Kintamani memunculkan rasa citrus atau buah-buahan yang dominan.

Dengan karakter yang dimiliki kopi Kintamani, kamu bisa memadukan kopi kamu dengan cake atau kudapan dengan rasa buah.

Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa sendiri identik dengan rasa kacang-kacangan, dan sedikit rasa serta aroma karamel. Dengan cita rasa khas yang dimiliki oleh kopi Flores Bajawa, kamu bisa mendampingi rasa kopi ini dengan kudapan manis seperti kukis atau berbagai kue kering lainnya.

 

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.