Destinasi Indonesia Papua

Sungai Kalibiru, Destinasi Populer Terbaru di Raja Ampat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Papua kembali menawarkan keindahan alam yang luar biasa dengan kehadiran Sungai Kalibiru, destinasi wisata populer terbaru yang terletak di jantung Raja Ampat. Bila Raja Ampat menawarkan keindahan pantai yang eksotis dan pesona bawah lautnya, destinasi wisata kali ini mampu memikat  wisatawan bukan hanya dari panorama alamnya saja, tapi juga karena lokasinya yang tidak biasa, yaitu berada di pedalaman hutan. Namun pesona utama dari destinasi wisata ini ialah warna airnya yang biru jernih sebening kristal.

Air Sungai Sebening Kristal

Image source: @ash_bharlly

Wisatawan yang pernah berpelesir ke Kalibiru mengatakan bahwa permukaan air sungai ini berwarna biru dan nampak kontras dengan berbagai pepohonan serta vegetasi rimbun nan hijau yang mengelilingi tempat ini. Suara gemercik air dan hembusan angin yang lembut ditambah pemandangan sungai jernih yang luar biasa eloknya tentu akan membuat semua wisatawan terpesona.

Image source: @yosh_nugroho

Sungai Kalibiru memiliki lebar sekitar 5 sampai 6 meter. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa air sungai ini sangat jernih dan bersih serta berwarna biru terang. Saking jernihnya, kamu bisa melihat permukaan sungai yang memiliki bebatuan besar yang cantik. Refleksi sinar matahari seolah menambah kejernihan air sungai, membuat siapapun tergoda untuk segera berenang ke dalamnya.

Image source: @lesgoyuk

Karena banyak wisatawan yang ingin berenang di Kalibiru pengelola tempat wisata telah menyediakan tangga untuk memudahkan mereka melompat atau turun ke dalam air sungai yang sejuk. Siapapun boleh berenang di sungai ini karena telah terjamin keamanannya, tapi kehati-hatian tetap diperlukan, khususnya bagi anak-anak. Pasalnya beberapa bagian sungai memiliki kedalaman 2,5 sampai 3 meter.

Terdapat Sumber Mata Air Jernih yang Bisa Diminum

Tidak jauh dari lokasi pemandian terdapat sebuah mata air yang dijaga kebersihan dan kualitasnya oleh Suku Maya, suku yang meninggali kawasan Kalibiru. Oleh karena itu, wisatawan dilarang berada di sekitar mata air. Kabarnya sempat ada peneliti dari Jepang yang datang dan mengukur tingkat kejernihan mata air.

Image source: @hsbn_marco

Dari hasil penelitian tersebut bahwa kualitas air di kawasan ini setara dengan air yang telah dimasak di atas api. Karena itulah banyak wisatawan yang setelah selesai berenang di sungai lalu berdatangan ke sumber mata air untuk menampung airnya ke dalam botol. Air itu kemudian dinikmati sebagai pelepas dahaga. Selain itu, airnya pun terasa dingin serasa air yang disimpan di lemari pendingin sehingga menambah kesejukan saat diminum.

Lokasi

Sebelum sampai ke Kalibiru, kamu perlu menyewa speed boat dari Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat menuju kawasan Teluk Mayalibit. Teluk ini sendiri dikenal sebagai teluk tempat bertemunya air asin dan air tawar. Sesampainya di teluk tersebut, kamu masih perlu menyusuri hutan dengan berjalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai ke area sungai.

Memang terasa melelahkan, tapi semuanya akan terbayar setelah kamu menyaksikan sendiri betapa eloknya pemandangan di sekitar sungai. Belum lagi ada sungai yang biru jernih dan bebas dari sampah sebagai primadona utama destinasi wisata ini.

Nominasi Destinasi Wisata Baru Terpopuler

Image source: @nonyhayaty

Kalibiru memang tergolong destinasi wisata baru di Indonesia, tapi tempat ini berhasil menjadi salah satu nominasi dalam ajang apresiasi wisata terpopuler Indonesia, Anugrah Pesona Indonesia (API). Tempat ini masuk dalam kategori Tujuan Wisata Baru Terpopuler 2019 bersama dengan sembilan tempat wisata baru lainnya yang tersebar di Indonesia.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.