Destinasi Indonesia Sulawesi

Sungai Tamborasi, Wisata Sulawesi Tenggara yang Unik dan Alami

Pinterest LinkedIn Tumblr

Wisata Sulawesi Tenggara banyak menyimpan “hidden gem” yang belum banyak diketahui wisatawan. Keindahan alam Sulawesi tak kalah dari pulau-pulau lain di Indonesia. Salah satu yang menjadi destinasi wisata menarik di provinsi ini adalah Sungai dan Pantai Tamborasi.

Sungai Tamborasi memiliki keunikan tersendiri. Objek wisata Sulawesi Tenggara ini merupakan sungai terpendek di dunia. Panjangnya tak lebih dari 20 meter dan lebarnya hanya 15 meter. Sungai ini menjadi sungai terpendek kedua di bawah Reprua di Georgia yang memiliki panjang 18 meter. Meskipun aliran air ini pendek tapi karena alirannya bergerak ke bibir Pantai Tamborasi maka disebutlah sebagai sungai.

Keunikan Sungai

wisata sulawesi tenggara
Instagram @daviddysta

Yang menjadi daya tarik sungai ini selain pendek juga airnya sangat jernih. Sungai ini berada sejajar dengan hutan dan pantai. Hal lain yang unik dari sungai yang berhadapan dengan Pantai Tamborasi ini adalah suhunya yang bervariasi. Suhu di hulu dan di hilir berbeda. Kecenderungan suhu di hulu itu lebih dingin sedangkan di hilir suhunya lebih hangat diakibatkan pertemuan langsung dengan air laut.

sungai tamborasi
Instagram @syahhfi

Sungai ini airnya berasal dari mata air yang letaknya  di antara bebatuan tebing. Warna air sungai ini hijau dan ketenangan airnya mirip dengan air di danau. Oh iya, jika beruntung, wisatawan yang berkunjung juga bisa melihat hewan endemik Tamborasi berupa monyet berbulu emas. Selain itu ada juga burung laut yang berputar-putar di wilayah pantai Tamborasi.

Mitos

Menurut cerita yang beredar di kalangan warga Tamborasi, kalau ada orang yang datang lalu mengikatkan tali di akar-akar pohon yang terletak di pinggir sungai, orang itu akan segera mendapatkan jodoh. Kalau sudah memiliki pasangan, hubungan keduanya akan harmonis. Meski kebenaran mitos belum diyakini kebenarannya, tapi yang sudah pasti Sungai Tamborasi di Sulawesi Tenggara ini memang sangat indah.

Baca juga:

Pulau Labengki, Raja Ampatnya Sulawesi yang Memukau

Traveling ke Tanjung Bira, Makassar

Fasilitas dan Akomodasi

Wisatawan yang datang ke objek wisata Sulawesi Tenggara ini bisa menikmati fasilitas berupa gazebo untuk beristirahat, tenda penjual makanan, juga kamar mandi bilas. Jika berencana menginap, sebaiknya pilihlah kota Kolaka.

Lokasi dan Akses

pantai tamborasi
Instagram @sekedarhobi.co

Sungai dan Pantai Tamborasi berada di Desa Tamborasi, Kabupaten Kolaka. Untuk berkunjung ke wisata Sulawesi Tenggara ini, wisatawan bisa memilih jalur udara melalui Bandara Sultan Agung Makasar menuju ke Bandara Sangia Niandera Kolaka yang memakan waktu kira-kira 50 menit. Jika memilih jalan darat, wisatawan bisa memilih rute dari Kota Kendari menuju Kolaka. Waktu tempuhnya sekitar 3 – 4 jam. Jika menggunakan akses laut, wisatawan bisa datang dari Pelabuhan Makasar menuju Pelabuhan Bajo dengan lama perjalanan sekitar 3 jam. Kemudian perjalanan diteruskan menuju Pelabuhan Kolaka dengan menggunakan kapal feri. Adapun waktu tempuhnya sekitar 8 jam. Dari Kolaka ke Sungai Tamborasi menghabiskan waktu kira-kira 1-2 jam.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.