Destinasi Indonesia Nusa Tenggara Timur

Supaya Akhir Tahun Jadi Seru, Yuk Liburan ke NTT!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Akhir tahun 2019 sudah semakin dekat. Apa kamu sudah punya rencana untuk pergi liburan ke mana? Mau keliling dunia atau keliling Indonesia? Jangan salah, Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Banyak tempat di wilayah negara kita yang mendapatkan review yang bagus dari para travel blogger. Itu terbukti dengan posisi Indonesia yang berada di peringkat satu sebagai negara terbaik untuk berlibur 2019 versi Conde Nast Traveller. Salah satu destinasi wisata Indonesia terbaik adalah Nusa Tenggara Timur. Pilihan transportasi untuk ke provinsi ini pun bermacam-macam, dari pesawat sampai kereta api. Sepertinya seru berburu tiket untuk liburan ke NTT. Kalau kamu tertarik untuk traveling ke NTT, Holamigo akan mengulasnya beberapa tempat wisata asyik di sana. Simak, ya.

Pantai Tablolong

travel blogger
Flickr @Jeksintus Hema

Tempat wisata ini lokasinya berada di Tablolong, di Kupang Barat. Pantai Tablolong asal namanya diambil dari nama perkampungan nelayan yang terletak di ujung timur. Tablolong merupakan salah satu tempat wisata di wilayah Kupang yang tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi saat liburan akhir tahun ini. Sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia terbaik, Pantai Tablolong diberkahi dengan pasir putih yang bersih. Selain itu, pantai ini juga adalah jalur migrasi ikan yang berasal dari perairan laut Timur ke arah Laut Sawu. Apakah kamu tahu? Ternyata pantai ini juga menjadi penghasil rumput laut terbesar di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kalau kamu seorang travel blogger, jangan lewatkan untuk singgah di Pantai Tablolong kalau ke NTT. Pasti kamu akan dapat banyak cerita dari destinasi wisata ini.

Air Terjun Tesbatan

akhir tahun
Image source : nttprov.go.id

Kalau masih bingung mau ke mana liburan akhir tahun ini, mungkin kamu bisa mempertimbangkan salah satu tempat wisata di NTT yang bernama Air Terjun Tesbatan. Para penyuka wisata alam akan jatuh cinta dengan tempat ini karena air terjun ini salah satu air terjun yang indah di kota Kupang. Di tengah kegersangan dan cuaca panas kota Kupang, air terjun ini muncul sebagai oasis. Air terjun ini terdiri dari tiga tingkatan. Yang paling ramai dikunjungi adalah tingkat pertama karena mudah diakses. Yang paling indah merupakan air terjun yang berada di tengah karena mempunyai dinding yang sangat lebar. Sayangnya, akses menuju destinasi ini sedikit susah. Kamu harus melewati jalan yang terjal. Untuk bisa melihat keindahan alam ternyata tak perlu  keliling dunia dulu, cukup datang ke Air Terjun Testaban saja.

Larantuka

Indonesia terbaik liburan
Flickr @Jacques Beaulieu

Salah satu tempat wisata di NTT yang cocok untuk liburan akhir tahun adalah Larantuka. Terletak di Kabupaten Flores Timur, Larantuka merupakan ibu kota Kabupaten Flores Timur. Meskipun kota ini ukurannya cukup kecil, Larantuka dipenuhi dengan kesyahduan. Penduduk di Larantuka sebagian besar beragama Katolik. Ini karena pengaruh Portugis yang sangat kuat. Maka tak heran jika semua yang ada di sini, contohnya bangunan juga bahasa, sangat berkaitan erat dengan Portugis. Upacara keagamaan yang cukup terkenal di kota ini  bernama Semana Santa. Waktu pelaksanaannya ketika Paskah. Saat upacara ini, pengunjung bisa menyaksikan patung Tuan Ma, atau nama lainnya yaitu Bunda Maria, diarak yang diikuti umat Katolik.

Alor

liburan akhir tahun
Flickr @Zulfikar Aleksandri

NTT kaya dengan pulau-pulau yang cantik, salah satunya adalah Alor. Tempat wisata ini merupakan sebuah kepulauan yang letaknya ada di sebelah timur Flores. Sebagai sebuah kepulauan, Alor menawarkan  wisata bahari yang memesona. Pasir putih yang halus merupakan salah satu kekhasan pantai di wilayah Alor. Selain pantai-pantai yang indah dan alam bawah lautnya, Alor pun kaya dengan peninggalan sejarah. Pesisir Alor memiliki sebuah desa yang menjadi tempat penyimpanan Alquran yang paling tua tak hanya di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Menurut kabar, Alquran tersebut dibuat dari kulit kayu dan usianya diperkirakan melebihi 800 tahun. Sepertinya tempat ini cocok untuk liburan akhir tahun 2019 kalau budget tak cukup untuk keliling dunia.

Lembata

akhir tahun
Flickr @Ahmad Syukaery

Kepulauan Flores Timur memiliki sebuah tempat wisata yang menarik, yaitu Lembata. Letak destinasi wisata ini berdekatan dengan Alor dan Larantuka. Lembata yang sudah dikenal sejak 1965 ini daerahnya dikelilingi oleh laut biru yang cantik dan pantai yang indah. Di sini juga terdapat pegunungan yang mengepung wilayah ini sehingga lanskap terlihat semakin indah. Pemandangan bahari Lembata sangatlah indah. Oleh karena itu, daerah ini dijadikan sebagai tempat digelarnya Festival Bahari Nuhanera  yang biasa diadakan pada bulan April atau Mei. Jika kamu datang saat festival ini, kamu berkesempatan untuk menyaksikan paus biru yang biasanya akan menampakkan diri. Lembata cocok kan untuk tempat menghabiskan liburan akhir tahun? Para travel blogger wajib mengulas event ini.

Ende

tempat wisata
Flickr @Dadi Andradi

Pasti pernah dengar Danau Kelimutu? Danau unik yang memiliki tiga warna sudah terkenal keindahannya sampai ke mancanegara. Kalau kamu perhatikan uang Rp5.000 versi tahun 1992, kamu akan melihat penampakan danau ini. Danau ini memiliki tiga warna, yaitu biru, merah dan putih. Kabarnya menurut para ahli, danau ini akan mengalami perubahan warna dikarenakan material dasar danau yang berubah. Ada juga objek wisata sejarah yang penting, yaitu rumah pengasingan presiden pertama Indonesia, Soekarno. Pada tahun 1934 sampai 1938 Bung Karno diasingkan di Pulau Ende. Liburan akhir tahun akan lengkap dengan mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno.

Gua Kristal

akhir tahun
Image source : kumparan.com

Ingin liburan akhir tahun yang unik, mampirlah ke tempat wisata ini, gua kristal. Gua ini berada di Kupang dan menyimpan keindahan yang sayang jika diabaikan. Anehnya, warga Kupang sendiri banyak yang belum tahu keberadaan gua kristal. Hal ini bisa dimaklumi karena memang tempat wisata ini belum ada pengelolanya. Pintu masuk ke gua ini pun masih penuh dengan semak belukar. Jalannya penuh dengan karang. Nama kristal sendiri diberikan karena di dalam gua ini terdapat air yang terjebak dan warnanya sangat jernih, sejernih kristal. Asyik nih buat bahan tulisan kalau kamu seorang travel blogger.

Baca juga:

Pulau Komodo Disarankan Tak Dikunjungi di Tahun 2020, Mengapa?

Berlibur ke Pulau Kenawa Seperti Memiliki Pulau Pribadi

Meski keliling dunia asyik tapi keliling Indonesia juga tak kalah serunya karena Indonesia memiliki tempat wisata yang cantik, contohnya NTT. Provinsi di timur Indonesia ini asyik juga untuk liburan akhir tahun yang sudah tinggal sebentar lagi ini. Oh iya, kamu yang dari Pulau Jawa bisa naik kereta menuju NTT. Tentunya hanya sampai Surabaya dan selanjutnya bisa disambung dengan pesawat atau kapal laut. Kalau berminat naik kereta, segera pesan tiket kereta api sebelum kehabisan. Bagaimana? Kamu tertarik? Segera susun itinerary-mu.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.