Asal-usul

Tahukah Kamu? Tugu Koperasi di Tasikmalaya Menjadi Penanda Kelahiran Koperasi Nasional

Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap tanggal 12 Juli diperingati sebagai Hari Koperasi Nasional. Tanggal ini tak terlepas dari sejarah mengenai Kongres Koperasi Nasional Pertama yang digelar pada 11-14 Juli 1947. Kongres ini digelar di Tasikmalaya, Jawa Barat. Dan untuk mengenang peristiwa tersebut, dibangunlah sebuah Tugu Koperasi di kota ini.

Tugu Koperasi berlokasi di Jalan Dr. Moh. Hatta No. 63 Tasikmalaya. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Tasikmalaya. Wujudnya berupa logo Koperasi lama dengan warna kuningan yang ditempatkan di atas sebuah pedestal hitam. Pada bagian belakang tugu ini terdapat sebuah pilar setinggi 3 meter yang berjumlah 12 buah.

Tugu ini menjadi jejak sejarah atas lahirnya Koperasi di Indonesia. Rencananya di kawasan Tugu Koperasi ini pun akan dibangun bisnis koperasi, pusat perbelanjaan UKM dan koperasi, hotel, dan Museum Koperasi.

Peserta Kongres Koperasi Nasional dari Berbagai Daerah

tugu koperasi
Image source: pedomanbengkulu.com

Lokasi Tugu Koperasi tidak jauh dari tempat penyelenggaraan Kongres Koperasi Nasional tahun 1947. Kala itu Bandung tidak dipilih menjadi tempat penyelenggaran kongres ini karena tengah diduduki Belanda yang kembali pada pasca kemerdekaan.

Kongres pun diselenggarakan di Tasikmalaya pada tanggal 11-14 Juli 1947, bertempat di Pusat Koperasi Kabupaten atau Kota Tasikmalaya (PKKT). Tasikmalaya dianggap sebagai kota yang paling aman untuk mengelenggarakan kongres pada saat itu.

Kongres ini dihadiri oleh peserta sekitar 500 orang yang berasal dari Jawa, Madura, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi. Pertemuan ini membahas mengenai masalah dalam pengembangan koperasi, khususnya di wilayah Jawa Barat.

Peletakan Batu Pertama Tugu Koperasi

tugu koperasi
Image source: IKA IKOPIN

Dalam kongres ini pun menjadi momen peletakan batu pertama di lokasi Tugu Koperasi. Pembangunan monumennya sendiri baru dilaksanakan pada tahun 1950. Momentum tersebut menjadi tanda kelahiran koperasi, dan hingga kini tanggal 12 Juli pun diperingati sebagai Hari Koperasi Nasional.

Pusat Koperasi Kabupaten atau Kota Tasikmalaya (PKKT) pada saat itu pun menjadi koperasi terbesar yang ada di Tasikmalaya. Sejak itu pun, unit usaha berkembang di daerah ini. Ada banyak kegiatan koperasi yang dilakukan oleh masyarakat Tasikmalaya.

Baca juga Cikal Bakal Hari Jadi Surabaya Tanggal 31 Mei

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.