Informasi

Tak Semua Hand Sanitizer Bisa Membasmi Virus Corona Lho!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sejak merebaknya virus corona, penjualan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer tiba-tiba meroket. Barang ini menjadi produk yang paling banyak dicari setelah masker. Sampai-sampai apotek dan supermarket dan mini market membatasi penjualan hand sanitizer. Beberapa orang kini mulai tertarik untuk memproduksi sendiri pembersih tangan tersebut dengan mengikuti cara pembuatan yang mereka dapatkan baik dari WHO atau video Youtube. Walapun pembersih tangan bisa membantu mengurangi risiko tertular infeksi tertentu, tapi ternyata tidak semua pembersih tangan sama efektifnya untuk melawan virus yang sedang mewabah saat ini, yaitu corona. Jadi pembersih tangan yang seperti apa yang efektif membunuh virus?

Penyebaran Virus Penyebab Infeksi Pernafasan

hand sanitizer, virus corona
Virus corona – Flickr.com/niaid

Seperti umumnya virus penyebab infeksi pernafasan, influenza atau pilek, virus corona baru atau Covid-19 disebarkan melalui tetesan berisi virus yang keluar dari mulut atau hidung seseorang yang terinfeksi dan mengenai  orang lain. Namun, baru-baru ini sebuah studi menunjukkan bahwa virus tersebut juga bisa menyebar melalui feses.

Selain menghirup tetesan, orang juga bisa terinfeksi virus dengan menyentuh apa saja yang sudah terkontaminasi virus dan kemudian orang tersebut menyentuh wajahnya, khususnya mulut atau hidung. Kita sering sekali menyentuh wajah tanpa kita sadari. Dikutip dari the Jakarta Post, menurut penelitian di New South Wales, dalam satu jam orang menyentuh wajah mereka sekitar 23 kali.

Cara Mencegah Penyebaran Virus

hand sanitizer, virus corona
Mencuci Tangan – Flickr.com/gtzecosan

Untuk kebersihan tangan dan mencegah penyebaran penyakit menular, cara terbaik adalah mencuci tangan dengan air hangat dan sabun. Mencuci tangan dengan air hangat, bukan air dingin, menggunakan sabun dapat menghilangkan minyak dari tangan kita sehingga bisa melindungi tangan kita dari mikroba.

Namun hand sanitizer atau pembersih tangan juga bisa melindungi kita dari mikroba penyebab penyakit, khususnya saat  kita tidak bisa menemukan sabun dan air. Cairan pembersih tangan ini juga terbukti efektif untuk mengurangi jumlah dan jenis mikroba.

Terdapat dua jenis hand sanitizer, yaitu yang berbasis alkohol dan bebas alkohol. Jumlah dan jenis alkohol pada pembersih tangan berbasis alkohol bervariasi. Umumnya kandungan alkoholnya sekitar 60 persen dan 95 persen dan biasanya isopropil alkohol, etanol (etil alkohol) atau n-propanol. Alkohol diketahui mampu membunuh sebagian besar kuman.

Hand sanitizer bebas alkohol mengandung sesuatu yang disebut senyawa amonium kuarterner, tapi bukan alkohol. Senyawa ini bisa mengurangi mikroba tapi kurang efektif dibandingkan alkohol. Pembersih tangan berbasis alkohol tidak hanya terbukti efektif untuk membunuh banyak jenis bakteri, termasuk MRSA dan E coli, tapi juga efektif membunuh banyak virus lain, termasuk virus influenza A, virus hepatitis A, rhinovirus, HIV, dan MERS-CoV.

1 2
Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.