Seni dan Budaya

Telisik 5 Prasasti Tertua yang Ada di Indonesia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia tak terlepas sejarah yang panjang. Ada banyak artefak dari masa lampau yang menjadi bukti dinamika kehidupan berbudaya di negeri ini, salah satunya adalah prasasti. Saat ini temuan prasasti tertua di Indonesia adalah Prasasti Mulawarman di Kalimantan Timur.

Prasasti merupakan piagam atau dokumen yang menjadi sumber sejarah kuno. Biasanya prasasti ditorehkan pada benda yang keras seperti batu. Artefak ini menandakan peradaban di masa lalu ketika masyarakat sudah mengenal tulisan.

Biasanya isi prasasti merupakan berita mengenai sebuah peristiwa tertentu, seperti pembangunan candi, keputusan dari raja, aturan, dan pujian. Prasasti-prasasti yang ditemukan di Indonesia menggunakan aksara kuno dengan bahasa asli Nusantara seperti Sanskerta, Jawa, Sunda, dan Batak. Banyak pula yang menggunakan bahasa asing seperti Tamil, Arab, dan Khmer.

Dalam ulasan kali ini, Holamigo merangkum 5 prasasti tertua yang ada di Indonesia. Ada apa saja? Simak rangkumannya berikut ini.

Prasasti Mulawarman

Prasasti tertua di indonesia
Image source: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Dalam sejarah kuno Indonesia, wilayah Kalimantan Timur dahulu dikuasai oleh Kerajaan Kutai. Kerajaan ini tercatat sebagai kerajaan tertua di Indonesia. Jejak kerajaan ini ditemukan pada Prasasti Mulawarman yang diperkirakan berasal dari tahun 400 Masehi. Ada 7 yupa (batu tugu) yang menjadi bagian dari prasasti ini. Salah satunya bisa kita temukan di Museum Nasional Indonesia di Jakarta. 

Prasasti Kebonkopi I

Image source: sumbersejarah1.blogspot.com

Pada abad ke-4 hingga 7 Masehi, di wilayah barah Jawa dikuasai oleh Kerajaan Tarumanagara. Jejak kerajaan ini merupakan salah satu prasasti tertua yang ada di Indonesia, yakni Prasasti Kebonkopi I. Prasasti ini juga sering disebut sebagai Prasasti Tapak Gajah, karena menampilkan ukiran tapak kaki gajah yang menjadi kendaraan Raja Purnawarman.

Prasasti Tugu

Image source: @h4y4mwuruk

Peninggalan lainnya dari Kerajaan Tarumanagara yang menjadi salah satu prasasti tertua yang ada di Indonesia adalah Prasasti Tugu. Prasasti ini diperkirakan berasal dari abad ke-5. Isinya mengenai penggalian Sungai Candrabaga untuk menghindari banjir yang sering terjadi pada masa itu.

Prasasti Cidanghiang

Prasasti tertua di indonesia
Image source: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Masih dari Kerajaan Tarumanagara, Prasasti Cidanghiang merupakan salah satu prasasti tertua yang ada di Indonesia. Prasasti ini berlokasi di Kabupaten Pandeglang, Banten. Diperkirakan prasasti ini dari abad ke-5. Isinya mengenai pujian kepada Raja Purnawarman.

Prasasti Ciaruteun

Prasasti Ciaruteun
Image credit: cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Di tepi Sungai Ciaruteun, Bogor, terdapat prasasti yang juga merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanagara. Pada bagian permukaan prasasti ini terdapat telapak kaki Raja Purnawarman, terukir bersama teks aksara Pallawa yang berisi pujian mengenai sang raja.

Baca juga Prasasti Ciaruteun, Jejak Kerajaan Tarumanagara Di Bogor

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.