Informasi

Tentang Hanbok Modern yang Perlu Kamu Ketahui

Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap orang pasti sudah mengenal pakaian tradisional Korea, Hanbok. Pakaian yang terdiri dari Jeogeori atau yang kita kenal dengan baju atasan, Baji (celana) dan Chima (rok) digunakan pada perayan-perayan tertentu seperti Chuseok, upacara dan ritual adat lainnya.

Baru-baru ini Kementerian Kebudayaan Olahraga dan Pariwisata membuat sebuah kampanye kebudayaan yang melibatkan pakaian tradisional. Bekerja sama dengan Yayasan Kerajinan dan Desain Korea serta Kementerian Pendidikan Korea, membentuk sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan pengaruh budaya kepada pelajar sekaligus mempromosikan kebudayaannya masyarakat lebih luas. Hanbok yang merupakan pakaian tradisional Korea akan menjadi salah satu dari seragam yang digunakan di sekolah.

hanbok
sumber: Koreaherald

Dikutip dari World.KBS.kr, lebih dari 20 sekolah pertama dan menengah akan mengadaptasi seragam yang desainnya meniru pakaian tradisional Korea, Hanbok. Sekolah-sekolah yang terpilih sebagai sekolah yang mengadaptasi Hanbok sebagai seragam sekolahnya akan menerima bantuan finansial untuk desain dan produksinya.

Kebijakan Yang Mirip Dengan Yang Ada Di Indonesia

Kebijakan yang sedang digalakan oleh pemerintah Korea tersebut mengingatkan kita pada kebijakan yang berlaku di Indonesia, khususnya Jawa Barat. Mengadaptasi pakaian tradisional menjadi seragam sekolah ini yang digagas oleh Bapak Ridwan Kamil pada masa beliau menjabat sebagai Walikota Bandung. siswa sekolah harus mengenakan pakaian tradisional Sunda dan berbicara dalam Basa Sunda di hari Rabu. Kampanye tersebut dikenal dengan nama Rebo Nyunda. Program ini merupakan salah satu program tematik yang digagas beliau untuk lebih memperkenalkan budaya lokal kepada generasi muda. Agar kebudayaan yang menjadi identitas Sunda ini tetap lestari.

Hanbok di Industri Hiburan

Selain upaya yang dilakukan oleh instansi-instansi pemerintah Korea saat ini, para desainer juga berperan dalam memperkenalkan Hanbok ke kancah internasional lewat karyanya. Pakaian berdesain Hanbok dikenakan oleh para artis-artis dalam drama dan musik video. Yang sedang hangat diperbincangkan saat ini adalah Hanbok yang dikenakan oleh member Blackpink pada video musik How You Like That. Bukan Cuma penampilan girlgroup debutan YG Entertainment ini yang memukau. Netizen takjub dengan pakaian yang dikenakan oleh keempat anggota Blackpink  ini. Desainer yang membuat pakaian cantik yang dikenakan oleh Jennie dkk adalah Danha, sebuah fashion Brand terkenal di Seoul.

hanbok
sumber: instagram/jennie_kjn

Dalam ranah drama seri ada Mystic Pop Up Bar yang menampilkan gaun-gaun hanbok modern yang dikenakan oleh Hwang Jung Eum. pakaian ini menjadi pusat perhatian karena desainnya yang elegan dan berkelas. Gaya berpakaian aktris cantik berusia 35 tahun ini ketika memakai Hanbok modern membuat mata tidak bisa berhenti menatap.

Kamu bisa juga loh mendapatkan pakaian seperti ini sesuai selesai kamu. Teterot Salon, Dailyhan, Leesle Kim Mehee dan Seorinarae adalah sederat desainer yang terkenal dengan Hanboknya. Kamu tertarik? Sila hubungi p.

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.