Kuliner

Ternyata 5 Wedang Tradisional Ini Bisa Tingkatkan Sistem Imun Lho!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sistem imun atau kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi kita dari berbagai serangan kuman, bakteri, dan virus yang berbahaya. Oleh karena itu, di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, sangat penting untuk kamu meningkatkan daya tahan tubuh agar imunitas tubuh dapat menghadang ancaman berbahaya dari virus tersebut. Nah, salah satu cara agar bisa meningkatkan daya tahan tubuh yaitu dengan mengonsumsi lima wedang tradisional khas Indonesia berikut ini:

Baca juga:

Wedang Secang

wedang secang minuman tradisional yang bisa tingkatkan sistem imun tubuh
Source: lifestyle.okezone.com

Kamu bisa meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengonsumsi wedang tradisional ini. Wedang secang merupakan wedang yang terbuat dari kayu secang, kayu manis, kapulaga, jahe, daun pandan, dan gula aren. Minuman tradisional berwarna merah ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu meningkatkan daya tahan kamu bila dikonsumsi secara rutin.

Wedang Uwuh

wedang uwuh minuman tradisional khas indonesia
Source: instagram.com/uruvutaleuh

Sekilas tampilannya memang mirip seperti wedang secang. Minuman tradisional khas Yogyakarta ini juga memiliki nama lain, yaitu wedang sampah. Nama tersebut disematkan karena banyaknya penggunaan rempah dedaunan sehingga terlihat seperti kumpulan sampah. Wedang ini juga mendapat perhatian khusus dari Dr. Sri Suryaningsum, S.E., M.Si., Ak., C.A yang menulis buku berjudul Wedang Uwuh. Melalui buku tersebut dijelaskan bahwa penggunaan rempah dan herbal dalam wedang tradisional ini dapat membantu menjaga sistem imun. Oh ya, untuk membuat wedang uwuh, kamu memerlukan kayu manis, jahe, kayu secang, daun cengkih, daun pala, dan gula batu.

Bandrek

wedang tradisional bandrek
Source: instagram.com/albarokahbandrek

Kebanyakan minuman tradisional menggunakan jahe sebagai bahan dasarnya, salah satunya adalah bandrek. Wedang tradisional ini juga menggunakan rempah-rempah lain yang dapat memaksimalkan khasiat bandrek sebagai minuman yang dapat meningkatkan sistem imun. Selain jahe, rempah tersebut di antaranya kayu manis dan cengkih yang dipadukan bersama daun pandan dan gula jawa. Kayu manis dan cengkih diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu melawan serangan radikal bebas sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Bajigur

musim hujan, minuman hangat
Source: Instagram.com/nitalanaf

Wedang tradisional khas Jawa Barat ini juga agak mirip bandrek dari segi komposisi dan penampilannya. Hanya saja bandrek menggunakan santan sebagai salah satu bahan dasarnya. Tidak jarang juga ada yang menambahkan kopi di dalamnya. Enak dikonsumsi saat masih hangat, bajigur dapat meningkatan sistem imun tubuh. Kandungan jahe dalam minuman tradisional ini mengandung senyawa gingerol sehingga mampu mencegah berbagai penyakit dan infeksi. Tidak lupa juga penggunaan kayu manis yang kaya akan antioksidan dan dapat meningkatkan kesehatan kamu.

Sekoteng

sekoteng
Source: instagram.com/vsamperuru

Wedang tradisional ini berasal dari Jawa Tengah dan dibuat dari kuah jahe dengan isian kolang-kaling, sagu mutiara, kacang hijau, kacang tanah, dan roti tawar. Karena menggunakan jahe sebagai bahan dasarnya, sekoteng tak hanya bisa menghangatkan tubuh saja, tapi juga dapat mencegah berbagai penyakit. Jahe sendiri bersifat antibakteri, antivirus, dan anti-inflamasi sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh bila dikonsumsi secara rutin.

Baca juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.