Event Seni

Tertarik Mengoleksi Karya Seni? Yuk Ikuti Arisan Karya Museum MACAN!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi kamu pecinta seni rupa kontemporer, tentunya sudah tidak asing lagi dengan museum yang satu ini. Yup, Museum MACAN! Museum yang terletak di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini menggagas sebuah inisiatif di tengah masa pandemi yang bertajuk Arisan Karya.

Program Arisan Karya Museum MACAN dilakukan secara online yang bisa diikuti oleh berbagai kalangan yang ingin mengoleksi karya seni dengan harga terjangkau. Proyek ini bertujuan untuk mendukung jejaring dan komunitas seni Indonesia di tengah krisis kesehatan ini.

Ratusan Karya Terkumpul dalam Panggilan Terbuka

Arisan Karya Museum MACAN
Image credit: Museum MACAN

Arisan Karya Museum MACAN edisi pertama telah digelar pada 20 – 28 Mei 2020. Karya dihimpun melalui open call. Ratusan karya dari berbagai seniman di Indonesia pun terkumpul dan terkurasi hingga 103 karya.

Seluruh karya seni tersebut dibanderol dengan terjangkau, yakni sebesar Rp 1.000.000 untuk setiap karya. Setiap calon kolektor yang ingin membeli karya-karya tersebut harus membeli tiket terlebih dahulu.

Arisan dalam Bentuk Karya Seni

Sama seperti layaknya sebuah arisan pada umumnya, para peserta menabung dan membagi tabungan kepada anggota lain yang memiliki kebutuhan lain di bulan tersebut. Untuk Arisan Karya, ‘tabungan’ yang dimiliki oleh peserta atau calon kolektor berupa kupon tiket seharga karya.

Setiap peseta (calon kolektor), akan mendapatkan salah satu karya dari seniman yang berpartisipasi. Pengundian karya dilakukan secara virtual melalui tayangan langsung pada Instagram Live di akun @museummacan dan @shopatmacan_id.

Di samping itu, Museum MACAN pun membuka kesempatan untuk manajer seni yang akan mendukung logistik program ini sebagai Regional Koordinator. Periode kedua Arisan Karya Museum MACAN diadakan pada 25 Juni – 1 Juli 2020. Ada pula periode ketiga yang akan diselenggarakan pada bulan Juli. Karya pun dikumpulkan melalui open call pada setiap periodenya.

Nah, apakah kamu tertarik untuk mengoleksi karya seni dari para seniman Indonesia? Jangan sampai kelewat untuk mengikuti program Museum MACAN yang satu ini. Siapa tau kamu akan mendapatkan karya dari seniman besar dengan harga yang terjangkau.

Baca juga Art Basel Digelar Secara Online Setelah Sebelumnya Sempat Ditunda

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.