Kesehatan

Tidur Bisa Bantu Membakar Kalori Lho! Caranya….

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tidur sudah menjadi suatu kebutuhan karena di waktu itulah kita dapat mengistirahatkan tubuh kita setelah beraktivitas seharian. Selain itu, tidur juga bermanfaat untuk kesehatan dan mengurangi stres. Tetapi, tahukah kamu bahwa salah satu manfaat tidur itu ternyata dapat membakar kalori? Meskipun tidak bisa secara instan dapat membakar timbunan kalori di tubuh, National Sleep Foundation dari Amerika Serikat mengungkap bahwa ada trik yang bisa kamu lakukan jika ingin proses tersebut bekerja saat kamu tidur. Apa saja triknya?

Tidur Nyenyak

tidur nyenyak bisa membakar kalori
Source: alodokter.com

Sebuah riset tahun 2017 dari European Congress of Endocrinology mengungkap bahwa kurang tidur bisa menjadi penyebab kenaikan berat badan. Kenapa? Karena hormon pemicu lapar yang disebut ghrelin akan meningkat sehingga hasrat untuk makan semakin tinggi. Bukannya memanfaatkan waktu tidur untuk membakar kalori, kamu malah menumpuk lemak dengan makan sebelum tidur. Jadi bila ingin turun berat badan sebaiknya, hindari begadang dan tidurlah lebih nyenyak.  

Matikan Barang Elektronik dan Gadget

cahaya biru atau blue light dapat mempengaruhi kualitas tidur
Source: health.harvard.edu

Blue light atau cahaya biru yang dihasilkan barang elektronik dan gadget akan menurunkan produksi hormon melatonin. Tentunya bila kamu masih aktif menggunakan barang-barang tersebut sebelum tidur akan berdampak pada kualitas tidur kamu. Akibatnya kamu akan lebih sulit tidur dan metabolisme akan melambat. Bahkan, menurut Northwestern University, kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Maka dari itu disarankan sebelum tidur sebaiknya kamu matikan barang elektronik dan gadget. Fokuslah pada kualitas tidur agar sekaligus bisa membakar kalori.

Hindari Makan Berlebih Sebelum Tidur

manfaat tidur bisa bakar kalori
Source: mashed.com

Meskipun tidur bisa dimanfaatkan untuk membakar kalori bukan berarti kamu bisa makan sepuasnya sebelum tidur. Sebaliknya, jangan sampai kamu makan terlalu banyak sebelum tidur bila kamu tidak ingin menimbun lemak tubuh. Selain itu, makan terlalu banyak juga malah akan membuat kamu sulit tidur. Dilansir dari Eat This Not That, penyebab dari sulit tidur setelah makan banyak adalah karena organ pencernaan menjadi lebih aktif dan sibuk mencerna makanan yang masuk. Untuk menghindari hal ini sebaiknya berilah jeda dua jam setelah kamu menyantap makan malam dan sebelum pergi tidur.  

Tidur dalam Keadaan Gelap

tidur dalam gelap
Source: timesofmalta.com

Kebiasaan tidur dalam gelap ternyata sangat baik untuk kesehatan lho! Diungkap dalam Journal of Pineal Research tahun 2018, tidur dalam keadaan gelap ternyata berperan dalam proses membakar kalori dan lemak di tubuh. Selain itu, keadaan tersebut juga dapat meningkatkan produksi hormon melatonin. Namun, bila kamu tidak terbiasa tidur dalam keadaan gelap, bisa juga kok menggunakan lampu tidur yang cahayanya lebih redup.

Konsumsi Minuman Berprotein

Mengonsumsi minuman berprotein bisa menjadi salah satu trik untuk membakar kalori saat tidur. Konsumsilah minuman protein yang mengandung kasein karena, menurut Florida State University, zat tersebut dapat membantu mempercepat proses pembakaran kalori dan meningkatkan metabolisme.  

Olahraga di Sore Hari

manfaat tidur dapat membakar kalori
Source: shape.com

Membakar kalori dan meningkatkan metabolisme bisa menjadi salah satu manfaat tidur bila kamu olahraga pada sore harinya. Pada sore hari, minimal empat jam sebelum tidur, kamu bisa olahraga terlebih dahulu. Bahkan, menurut The Healthy, kebiasaan ini bisa menghindarkan kamu dari insomnia juga lho!

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.