Inspirasi Travel Tips

Perhatikan ini Saat Menggunakan Pesawat di Era New Normal

Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat pandemi seperti sekarang ini, alat transportasi umum seringkali dihindari – walaupun sudah memasuki era new normal, karena berisiko memiliki kontak dengan banyak orang. Hal tersebut tidak terkecuali dengan alat transportasi pesawat. Apalagi pesawat dan alat transportasi sejenisnya memiliki ruang gerak yang begitu sempit, sehingga risiko penularan pun terbilang cukup tinggi. Hal tersebut pun termasuk pada saat kamu berada di bandara.

Terkait hal tersebut, tentu prosedur untuk menaiki pesawat menjadi amat panjang demi kesehatan orang-orang di sekitar. Untuk itu, jika kamu memang terpaksa harus pergi menggunakan pesawat, berikut hal yang bisa kamu lakukan selama menjalani prosedur kesehatan di bandaara.

Memiliki Surat Keterangan Bebas dari Covid-19.

Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Pesawat di Era New Normal
solopos.com

Untuk mendapatkan surat ini, kamu perlu siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Setelah itu, kunjungi dinas kesehatan setempat, rumah sakit ataupun klinik kesehatan yang memfasilitasi layanan rapid test maupun swab test virus corona. Mengenai pembiayaan yang diperlukan, semuanya tergantung dari masing-masing layanan kesehatan tersebut.

Apabila hasilnya ternyata negatif, maka secara otomatis kamu akan mengantongi surat keterangan bebas dari covid-19. Perlu diketahui juga, satu surat keterangan hanya berlaku untuk satu orang saja. Lalu, hasil test dengan metode rapid test ini hanya berlaku selama tiga hari saja, sementara untuk test dengan metode polymerase chain reaction atau PCR, bisa berlaku hingga tujuh hari ke depan.

Sudah Tiba di Bandara Tiga Jam Sebelum Keberangkatan

Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Pesawat di Era New Normal
(flickr.com/franganillo

Tidak bisa dipungkiri, saat situasi normal saja jangan sampai kamu baru sampai bandara di waktu mepet. Apalagi saat-saat new normal seperti ini, kamu perlu hadir setidaknya tiga jam sebelum pemberangkatan. Karena sesampainya kamu di bandara, kamu akan menghadapi berbagai pemeriksaan – khususnya pemeriksaan kesehatan. Jadi jangan sampai kamu baru tiba di bandara di waktu mepet.

Pelajari Aturan Baru Terkait Tentang Pemberangkatan yang Sudah Tertera di Bandara

Ini yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Pesawat di Era New Normal
imtravelninja.wordpress.com

Saat sampai di bandara, segera pelajari dengan seksama dan teliti mengenai aturan apa saja maupun pedoman di era new normal. Khususnya ketika berada di bandara maupun ketika di kabin pesawat. Hal ini agar kamu bisa lebih waspada sekaligus disiplin selama berada di bandara maupun di kabin.

Bawa dan Gunakan APD Selama di Bandara Maupun saat di Kabin

pencegahan covid-19 jika harus ke tempat ramai
pixabay.com

Kamu pun perlu menyiapkan APD yang terdiri dari dua masker berbahan kain, satu masker untuk bedah, satu botol hand sanitizer, satu atau dua buah sachet tisu yang memiliki disinfektan, sabun, dan face shield. Gunakan APD tersebut ketika di bandara, dan kamu pun wajib menggunakannya saat berada di kabin. Karena pada saat di kabin, kamu akan kesulitan untuk menjaga jarak dengan penumpang lain.

Jangan Sampai Perut Kosong pada saat di Bandara

Pilih makanan sehat saat di perjalanan
doc.Caroline Attwood

Sebelum berangkat ke bandara, pastikan kamu terlebih dahulu untuk makan di rumah dan juga membawa cutlery pribadi. Kamu akan menghadapi proses pemeriksaan panjang selama di bandara dan pastinya kamu akan kerepotan selama proses tersebut saat perlu diselingi makan. Untuk itu, pastikan perut kamu sudah terisi saat di bandara. Selain itu selalu bawa cutlery pribadi dan membawa botol minum sendiri. Hal ini menghindari adanya kontaminasi virus selama melakukan makan dan minum di tempat umum.

Sudah ke Toilet Sebelum Melakukan Perjalanan

unsplash.com

Bukan rahasia jika toilet adalah tempat favorit bakteri – bahkan virus. Jika kamu akan melakukan perjalanan singkat, sebaiknya kamu pergi ke toilet sebelum memasuki pesawat. Untuk menghindari risiko penularan dari sudut-sudut toilet. Namun jika kamu terpaksa melakukan perjalanan jauh, siapkan cairan disinfektan dan sabun saat kamu perlu ke toilet.

Selalu Lakukan Etika Batuk atau Bersin.

howstuffworks.com

Di manapun kamu berada – khususnya saat menggunakan moda transportasi pesawat, selalu terapkan etika batuk atau bersin. Bukan tidak mungkin saat kamu sehat, kamu tidak akan batuk atau bersin. Pasalnya pemicu batuk dan bersin kamu bisa jadi karena kurang minum air mineral atau alergi dingin.

Selain itu, kamu juga perlu menjaga jarak dengan orang di sekitar dan tetap menggunakan hand sanitizer jika sulit menemukan air mengalir.

Bila Kamu Mendadak Mengalami Keluhan Terkait Kesehatan, Segera Lapor Awak Kabin

Pramugari bertugas memberi fasilitas maskapai
flickr.com/Mike McBey

Jika kamu tiba-tiba mengalami keluhan terkait kesehatan, apapun itu, kamu segera lapor ke awak kabin. Agar segera mendapatkan penanganan langsung. Hal ini pun wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan kamu dan penumpang lainnya.

Walau hal-hal tersebut memang dua kali lebih repot dari biasanya saat naik pesawat. Kondisi seperti ini memang perlu dilakukan selama new normal demi menjaga kesehatan bersama. Hal ini pun berlaku jika kamu menggunakan alat transportasi umum lainnya. Hingga pada akhirnya kamu pun bisa berdamai dengan situasi sekarang ini. Semoga sehat selalu selagi bepergian menggunakan pesawat!

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.