Inspirasi Travel Tips

Road Trip Saat Pandemi? Lakukan Tips Ini Agar Tetap Aman

Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat memasuki era new normal, sudah banyak jasa transportasi yang memudahkan kamu untuk bepergian. Namun karena berbagai macam kebijakan atau protokol kesehatan yang berlaku membuat sebagian dari kamu mungkin akan merasa repot atau justru menjadi cemas untuk pergi. Maka tidak jarang orang akan memutuskan pergi atau liburan dengan cara road trip.

Road trip sendiri merupakan cara liburan ke luar kota dengan menggunakan mobil atau kendaraan pribadi. Saat pandemi seperti sekarang ini, road trip tentu menjadi solusi bagi kamu yang ingin keluar kota dan terlalu cemas untuk menggunakan transportasi umum. Jika mengutip salah satu professor departemen epidemiologi Milken Institute School of Public Health di The George Washington University, Dr. Amanda Castel, road trip dapat meminimalisir interaksi dengan orang lain daripada menggunakan pesawat terbang.

Sebelum Memutuskan Road Trip, Pertimbangkan Matang-Matang Segala Resikonya

Road Trip Saat Pandemi? Lakukan Tips Ini Agar Tetap Aman
doc. Alex Jumper

Walau begitu, bukan berarti kamu menjadi lengah dan mulai bebas bepergian tanpa cemas saat road trip. Kamu pun tetap harus waspada walau road trip, bahkan ada baiknya kamu tetap berpikir dua kali dan menempatkan mudik dan liburan sebagai daftar yang bukan prioritas. Namun, jika kamu benar-benar memutuskan untuk liburan saat pandemi seperti sekarang. Pilih destinasi wisata alam dan hindari zona kuning serta zona merah. Kemudian, biasakan datang pagi hari, agar dapat terhindar dari kerumunan orang.

Selain tips di atas, ada kalanya kamu juga perlu mempertimbangkan hal lainnya saat bepergian. Melansir CNN Indonesia, berikut pertimbangan kamu saat memutuskan untuk road trip dalam waktu dekat.

Selalu Sedia Peralatan Kesehatan Wajib

Road Trip Saat Pandemi? Lakukan Tips Ini Agar Tetap Aman
discoverairdrie.com

Mungkin memang hand sanitizer selalu tersedia di berbagai tempat umum, namun bukan berarti kamu bisa santai tidak membawanya kemanapun kamu pergi. Penting untuk selalu bawa masker, face shields, hand sanitizer, tisu disinfektan, dan sarung tangan. Bahkan kamu bisa membawa sabun travel size untuk berjaga-jaga. Selain itu, kamu juga perlu membawa obat pribadi saat road trip.

Pastikan Kamu dan Kerabat yang Ikut Tidak Sedang Sakit

woman in white and red floral hijab
doc. Engin Akyurt

Sebelum kamu bepergian, pastikan seluruh kerabat yang ikut tidak mengalami gejala atau sedang sakit menular. Tentu kamu tidak mau kan acara liburan kamu rusak karena ada yang sedang sakit dan menulari yang lainnya? Belum lagi, orang yang sedang sakit akan membuat orang lain menjadi kurang nyaman.

Selain itu, usahakan saat road trip kamu bepergian dengan orang satu rumah, untuk meminimalisir infeksi covid-19. Lalu usahakan mobil tidak dalam kondisi penuh, agar di dalam mobil masih ada ruang untuk sirkulasi udara. Hal ini pun berlaku untuk kamu yang akan beergian dengan mobil sewa.

Kurangi Mampir atau Melipir Sejenak

man and woman sitting on bench at kiosk shop front
doc. Michal Balog

Biasanya saat road trip, melipir ke toko oleh-oleh atau rest area menjadi momen tepat untuk beristirahat sejenak sebelum kembali ke perjalanan. Sayangnya, saat sedang masa rawan pandemi seperti sekarang, sebaiknya hindari mampir bila tidak begitu perlu.

Jika kamu merasa was-was lapar di jalan, cukup bawa makanan dan minuman dari rumah. Sehingga kamu bisa meminimalisir untuk melipir makan di tempat ramai atau yang dikhawatirkan menjadi sebab penyebaran covid-19.

Selalu Waspada dan Hati-Hati saat di Fasilitas Umum

Road Trip Saat Pandemi? Lakukan Tips Ini Agar Tetap Aman
doc. Wilhelm Gunkel

Jika kelaparan bisa diantisipasi dengan membawa bekal dari rumah, lalu bagaimana jika perlu menggunakan toilet umum? Jika kamu memang sangat perlu untuk keluar kendaraan, berarti kamu memiliki resiko untuk terkena virus dan harus siap menghadang penyebaran virus penyakit. Maka kamu benar-benar perlu membawa peralatan kesehatan yang sudah kamu sediakan di awal untuk digunakan di tempat umum. Baik itu tempat umum seperti pusat pengisian bensin, masjid atau mushala, dan toilet umum.

Itulah beberapa upaya yang wajib kamu lakukan saat benar-benar butuh untuk bepergian. Sudah siap menghadang covid-19 saat road trip?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.