Kesehatan Kuliner

Tips Sarapan Sehat untuk Membangun Mood di Pagi Hari

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak hal yang bisa mempengaruhi suasana hati, salah satunya adalah makanan. Ada baiknya kamu memulai hari dengan menyantap makan pagi yang bisa meningkatkan suasana hati kamu. Karena itulah sarapan dianggap penting untuk menutrisi otak setelah tidur semalaman. Akan tetapi, sarapan yang sehat adalah yang mampu memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, sarapan juga sering dikaitkan dengan proses penurunan berat badan. Seperti yang dipublikasikan dalam the Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, orang yang sarapan dengan porsi besar mampu membakar kalori dua kali lipat lebih banyak.  Dengan catatan menu yang disantap memang baik untuk tubuh. Nah ingin tahu seperti apa sih sarapan yang sehat itu? Dilansir dari Times of India, berikut ini ada tiga tips sarapan sehat yang juga bisa membangun mood kamu!

Mulai dengan Biji-bijian

tips sarapan sehat dengan biji-bijian untuk membangun mood
source: tasteofhome.com

Bahan makanan yang mengandung biji-bijian seperti jagung dan gandum memiliki karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini akan lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga kamu pun akan kenyang lebih lama dan mengurangi hasrat untuk ngemil sebelum jam makan siang. Selain itu, karbohidrat kompleks juga akan bikin kamu lebih bersemangat sehingga mood di pagi hari akan tetap baik. Kamu bisa mencoba tips sarapan sehat ini dengan membuat satu porsi bubur gandum yang dicampur dengan kismis, kurma, dan almond. Kamu pun bisa kok memulai hari kamu dengan mengonsumsi sereal gandum yang sehat.

Perbanyak Buah dan Sayur

tips sarapan sehat dengan sayur dan buah
Source: 101fitness.org

Tips sarapan sehat yang kedua adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Kedua bahan makanan ini mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Sebagai menu sarapan, kamu bisa membuat semangkuk salad sayur yang diberi perasan jeruk nipis sebagai dressing. Untuk bikin kamu kenyang lebih lama dan meningkatkan mood di pagi hari, tambahkan satu porsi buah favoritmu dan segelas susu.

Perhatikan Sumber Dairy Product

dairy products
Source: healthline.com

Kalsium dan protein dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi dairy product atau produk yang mengandung susu. Kamu bisa menerapkan tips sarapan sehat ini dengan menambahkan produk susu sebagai salah satu menu sarapan kamu.

Menerapkan tips sarapan sehat di atas tidak hanya akan meningkatkan mood kamu di pagi hari, tapi juga dapat memenuhi asupan gizi sebelum mulai beraktivitas. Ingat ya, menu sarapan sehat haruslah mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Contoh menu lain untuk memenuhi asupan gizi tersebut adalah semangkuk gandum yang dihidangkan bersama segelas susu serta irisan buah-buahan seperti stroberi, pisang, dan apel. Kamu juga bisa kok sarapan dengan roti yang diisi sayuran segar seperti tomat, wortel, daun selada, dll. Jangan lupa juga tambahkan segelas susu ya!

Baca juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.