Travel Tips

Tips Bagi yang Terjebak Atau Akan Pergi ke Luar Negeri Saat Pandemi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pandemi COVID-19 telah memaksa sejumlah negara melakukan lockdown. Sejumlah turis yang sedang berwisata di luar negara mereka tak bisa pulang lantaran pintu masuk ataupun keluar negara ditutup. Ditambah maskapai penerbangan pun sudah menghentikan layanan mereka.

Terhitung sejak 26 Maret lalu ada 65 maskapai perjalanan di seluruh dunia yang memutuskan menghentikan sementara 80%-100% layanan operasional mereka. Lantas, bagaimana Anda bisa pulang atau mengatasi masalah tak terduga yang telah mengacaukan rencana perjalanan Anda? Beberapa travel planner memberikan tips mereka. Wabah virus corona atau covid-19 sudah mulai melebar sejak bulan Februari lalu. Sehingga beberapa negara pun melakukan upaya lockdown, dan tidak sedikit turis yang sedang berwisata di luar negeri tidak bisa pulang. Karena pintu masuk dan keluar negara pun ditutup. Belum lagi sejumlah maskapai penerbangan berhenti beroperasi.

Mungkin hal ini bisa terjadi kepada kamu atau orang terdekat kamu. Karena saat sedang seperti ini, tentu inginnya mengamankan diri di rumah sendiri bukan? Untuk itu, mengutip Kompas.com, bagi yang terjebak di beberapa negara saat traveling sepatutnya jangan panik dan lakukan hal berikut.

Segera Lakukan Refund Tiket Pulang Atau Refund Deposit Akomodasi

Tips Bagi yang Terjebak Atau Akan Pergi ke Luar Negeri Saat Pandemi
Unsplash.com
Sejak 26 Maret lalu, sudah ada 65 maskapai dari seluruh dunia menghentikan operasional sementara dengan persentase 80% hingga 100%  layanannya karena covid-19. Maka jika jadwal penerbangan yang kamu punya dibatalkan, biasanya akan disertakan kompensasi untuk calon penumpang berupa pengembalian uang atau refund secara full. Walaupun akan memakan waktu berminggu-minggu.
Traveler yang penerbangannya ditunda pun seharusnya mendapat notifikasi tertulis resmi dari maskapai tersebut beserta kompensasinya. Jika kamu mengalami hal ini, pastikan kamu terus lakukan follow up terkait pengembalian dana secara full dari maskapai penerbangan yang kamu pilih. Jangan sampai penerbangan kamu dihentikan namun kamu tidak mendapat kompensasi dari maskapai.
Upaya tersebut dilakukan jika kamu terjebak di negara yang kamu datangi dan tidak bisa pulang karena pandemi. Namun jika kamu akan hendak ke luar negeri namun ternyata destinasi yang dituju ternyata melakukan lockdown. Segera urus pembatalannya mulai dari maskapai, hotel, atau biro perjalanan yang kamu pilih. Agar kamu dapat memaksimalkan upaya pengembalian dana atau refund secepatnya.

Bagaimana Jika Dana yang Telah Dideposit Tidak Bisa Dikembalikan Atau Refund?

Tips Bagi yang Terjebak Atau Akan Pergi ke Luar Negeri Saat Pandemi
pixabay.com

Sebelum kamu mengajukan refund, dan kamu memiliki asuransi perjalanan, sebaiknya kamu segera cek kebijakan klaim asuransi perjalanan. Apalagi soal klaim asuransi saat pandemi seperti saat ini. Kamu bisa segera hubungi pihak asuransi kemudian ajukan klaim dan segera lengkapi dokumen yang diperlukan. Untuk itu, jika kamu sering traveling ke luar negeri dan akan mendaftarkan diri untuk asuransi perjalanan.

Usahakan kamu telah cermat memilih perusahaan asuransi perjalanan. Pasalnya, setiap provider memiliki syarat dan ketentuan berbeda mengenai coverage asuransi perjalanan. Maka sudah menjadi kewajiban kamu untuk memverifikasi asuransi perjalanan yang akan dipilih.

pertanggal 12 Maret lalu, WHO telah menetapkan bahwa covid-19 sebagai pandemi global. Kemudian banyak asuransi perjalanan membuat kebijakan untuk meniadakan klaim untuk pandemi satu ini. Kalau pun memang asuransi yang menaungi kamu akan memberi coverage akibat covid-19, kamu perlu membatalkan seluruh booking akomodasi terlebih dahulu. Karena asuransi hanya memberi cover biaya pada pembatalan yang tidak menerima refund. Kemudian untuk melakukan proses klaim cover asuransi, perlu adanya dokumen pendukung resmi dari setiap operator.

Antisipasi Berikutnya Pasca Pandemi Covid-19

Memang tidak ada yang mau terjebak pada situasi pandemi seperti ini, apalagi jika kamu sedang berada di negara orang. Untuk itu, kedepannya, menghindari kejadian tidak terduga ini penting adanya jika kamu mulai manaatkan jasa travel planner yang andal. Sehingga kamu tidak perlu panik sendiri saat menghadapi situasi genting saat traveling.

Selain masalah travel planner dan asuransi, kamu juga perlu lebih aware terhadap situasi global selama bepergian. Jika sekiranya isu global yang sedang dihadapi dapat memengaruhi negara yang sedang kamu singgahi. Apalagi jika lokasi yang kamu datangi akan dinyatakan tutup, segeralah kemas barang kamu dan pulang. Jika kamu menggunakan jasa travel agent, biasanya mereka akan segera mengurus penerbangan pulang kamu.

Beda lagi masalahnya jika kamu kondisinya belum berangkat. Jika kamu kepalang sudah membeli tiket pesawat dan booking akomodasi, daripada kamu membatalkan rencana pergi dan mengurusi refund. Lebih baik kamu minta re-schedule perjalanan kamu, baik ke akhir tahun atau sampai situasi pandemi ini sudah terbilang kondusif. Jadi kamu tidak sia-sia mengeluarkan uang untuk traveling.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.