Destinasi Jawa

Traveling Ke Bromo, Jangan Lewatkan Air Terjun Madakaripura

Pinterest LinkedIn Tumblr

Traveling ke Bromo rasanya tak puas kalau kamu tidak mampir di Kawasan ini. bukan gunung. Bukan pula sabana. Kawasan yang wajib kamu kunjungi ketika pergi ke Probolinggo adalah sebuah destinasi wisata berupa air terjun. Air terjun ini dikenal dengan nama Madakaripura.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, nama Madakaripura diambil dari 3 kata, yakni Mada, Kari dan Pura. Nama Mada diambil dari nama Mahapatih Gajahmada yang pergi ke tempat ini untuk merenung setelah membantai ratusan orang-orang dari Kerajaan Sunda Galuh pada pertempuran di Lapangan Bubat. Pertempuran ini kelak dikenal dengan nama Perang Bubat. Lalu, Kari diartikan sebagai peninggalan. Sedangkan Pura adala sembahyang atau semedi.

Gajahmada di Kawasan air terjun ini adalah sosok yang sakral. Beliau dipercaya tetap tinggal di sana sekalipun raganya sudah tiada. Arca yang dipajang di area parkir adalah simbol dari kepercayaan penduduk akan sosok saktinya.

Baca juga:

Air terjun Madakaripura berada di kota Probolinggo, tepatya di dekat Desa Sapih. Untuk sampai di lokasi ini pengunjung butuh tiga jam berkendara dari pusat kota. Jalur Surabaya – Sidoarjo – Porong – Pasuruan _- Probolinggo bisa pengunjung gunakan. kawasan wisata ini tidak bisa ditempuh dengan kendaraan. Karena jalur yang bisa dilalui dari area parkir adalah berupa jalan setapak yang melewati lembah dan sungai.

ketika jarak semakin dekat ke air terjun, lembah sungai akan semakin mengecil. Ngarai sungai yang terbentuk dari air yang meluncur dari atas itu adalah pertanda bahwa pengunjung semakin dekat dengan air terjun kedua tertinggi di Pulau Jawa ini. Dan itu berarti pengunjung disarankan untuk memakai jas hujan kalau tidak mau pakaian basah. Kalau pengunjung lupa membawa jas hujan atau pelindung diri dari air, pengunjung bisa membelinya di kios-kios yang berderet di sekitar pintu masuk. Kecuali memang ingin basah-basahan, tak perlu menghindar dari curahan air yang jatuh dari atas tebing.

Keindahan Madakaripura

Madakaripura terkenal dengan keunikan bentuk tebingnya sehingga air yang meluncur deras dari atas menyebar. Debit airnya konon tidak pernah berkurang sekalipun sedang mengalami musim kering. Rintik air yang jatuh dari atas tebing membentuk seuah tirai yang terlilhat indah ketika dilihat oleh pengunjung. Indikasi kamu telah berada di lokasi air terjun adalah saat rintik air mulai terasa membasahi bajumu. Ceruk di bagian bawah yang menampung air jatuhan dari tebing terlihat indah ketika diterpa cahaya dari langit. warnanya kontras dengan bebatuan yang ada di sekitarnya.

air terjun madakaripura
sumber: johanlewimalonda

Selain air terjun yang menjadi objek wisata utama dari Madakaripura di Bromo ini, kawasan yang berupa lembah ini juga terkenal dengan cerita magisnya. Seperti yang telah diketahui bahwa kawasan ini dipercaya sebagai kawasan yang dipilih untuk merenungi dosa yang diperbuat pada peristiwa perang Bubat. Cerita lain beredar bahwa Madakaripura adalah tempat bersemedi patih yang terkenal sakti mandraguna tersebut semasa hidupnya dulu sampai beliau moksa. Tak heran jika tempat ini memang dipercaya punya aura magis.

Nah, kalau kamu berkunjungke Madakaripura, kira-kira apa yang lebih menarik, aura magisnya atau keindahan air terjunnya?

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.