Travel Tips

Traveling ke Kampung Adat? Siapkan Hal Berikut Ini Dulu

Pinterest LinkedIn Tumblr

Berwisata ke kampung adat kini menjadi satu jenis wisata yang makin diburu oleh para traveler. Selain iming-iming pemandangan khas pedesaaan dengan alamnya yang masih murni yang akan didapatkan, pengunjung juga akan menemui berbagai macam tradisi yang masih dianut oleh masyarakat. Tradisi dan adat istiadat serta ritual dari kampung-kampung adat ini memang menjadi hal menarik yang dicari oleh traveler. Keunikan yang mereka temui akan menjadi wawasan baru bagi mereka.

kampung adat
sumber: shutterstock

Berwisata ke kampung adat berbeda dengan mengunjungi tempat wisata lainnya. Ada banyak yang harus diperhatikan. Terutama adat istiadatnya. Saat bertamu ke sebuah rumah orang lain saja kita harus menghormati peraturan yang berlaku di rumah tersebut. Apa lagi berkunjung ke tempat sakral seperti itu yang masih memegang teguh adat istiadat leluhur. Jangan sampai kita melanggar larangan dan pantangan yang dianut oleh masyarakat di sana.

Agar tidak membuat kesalahan, perhatikan hal-hal berikut yang perlu kamu siapkan sebelum mengunjung kampung adat.

Kumpulkan Informasi Mengenai Lokasi Tujuan

Masyarakat kampung adat terkenal dengan kepatuhannya menjaga dan melestarikan tradisi yang telah dianut turun-temurun. Contohnya Baduy di Banten. Mereka patuh terhadap tradisi, tak berani melanggar larangan yang menjadi hukum adat di kampungnya. Kalau kamu berencana mengunjungi suatu kampung adat baiknya cari tahu apa saja yang boleh dan dilarangdi daerah tersebut. Berbagai sumber daring dan buku bisa jadi sumber referensi kamu buat memahami kampung adat. Dengan mengetahui dan memahami peraturan adat, sama artinya kamu menghargai mereka.

Transportasi yang Sesuai Dengan Kondisi

Jauh. Terisolasi. Tersembunyi. Kata-kata itu memang pas menggambarkan lokasi kampung adat yang rata-rata jauh dari kota. Beberapa kampung adat berada jauh di tengah hutan yang mana untuk mencapainya kamu perlu kendaraan yang sesuai dengan kondisi alamnya. Memang tidak menjadi keharusan karena bisa saja kamu menggunakan kendaraan seadanya namun itu sangat beresiko. Kerusakan mesin adalah resiko yang paling umum terjadi ketika kamu memacu kendaraan yang spesifikasinya tidak sesuai dengan kondisi medan. Spesifikasi kendaraan yang memang didesain untuk medan ekstrem tentu memudahkan perjalanan menuju ke kampung adat tujuan wisata kamu.

wisata kampung
sumber: virginexperiencedays.co.uk

Siapkan Perbekalan

Kamu tak mau kan kelaparan di tengah hutan ketika berada jauh dari permukiman penduduk? Hal itu akan sangat menyengsarakan jika terjadi. Agar terhindar dari situasi tersebut pastikan kamu membekali diri dengan perbekalan yang cukup selama perjalanan, juga untuk mengantisipasi mendapatkan makanan yang tidak sesuai dengan lidahmu. Ada baiknya kamu membawa makanan yang praktis. Makanan instan seperti abon, oatmeal, sosis atau makanan kaleng yang biasa dibawa sebagai bekal wisata bisa jadi pilihan kamu. Cara memasak dan kemasannya praktis. Tidak akan merepotkanmu.

Baca juga:

kampung
sumber: instagram/ pendaki indonesia

Berpakaian Sopan

Berwisata ke kampung adat tidak mesti mengenakan pakaian tradisional juga kok. Cukup dengan berpakaian sopan terutama yang nyaman dipakai. Meskipun beberapa tempat memang mempunyai aturannya sendiri dalam hal berpakaian. Semisal di Bali, pengunjung yang datang ke pura di Bali, termasuk yang datang dengan tujuan wisata, diwajibkan memakai pakaian yang sesuai dengan peraturan di pura. Hal itu dilakukan guna menghormati dewa-dewi kepercayaan mereka.

Mengenal Bahasa Lokal

Perkara Bahasa memang menjadi kendala bagi para traveler yang berkunjung ke kampung adat. Pasalnya tidak semua masyarakat menguasai bahasa Indonesia yang merupakan bahasa pengantar. Biasanya ada seseorang yang bertugas sebagai narahubung yang sering berinteraksi dengan pengunjung. Biasanya narahubung ini fasih berbahasa Indonesia. Terutama di tempat-tempat yang dijadikan tempat wisata. Namun, baiknya kamu mengetahui kosa kata dasar bahasa yang digunakan di kampung yang kamu tuju. Agar kamu bisa lebih berbaur dengan masyarakat lainnya.

Minta Pemandu Lokal Menemani

Berwisata ke kampung adat membutuhkan panduan khusus. Tidak seperti berwisata ke tempat wisata modern yang sudah dilengkapi dengan papan petunjuk dan informasi. Lazimnya perkampungan pada umumnya, tidak banyak papan informasi yang disediakan. Maka dari itu kamu perlu seorang pemandu yang betul-betul paham mengenai semua informasi mengenai lokasi tersebut. Menggunakan jasa pemandu lokal atau warga lokal yang memahami seluk beluk kampung adat akan memudahkanmu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

wisata kampung
sumber: istockphoto

Satu lagi, jangan lupa untuk selalu menjaga sopan santun selama berada di sana ya, jangan sampai perjalanan wisata kamu terganggu karena kamu dinilai tidak menghargai adat dan tradisi penduduk lokal.

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.