Seni

Pameran Drive-Thru Menjadi Tren yang Mulai Menyebar ke Belanda

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ketika pandemi COVID-19 melanda dunia, berbagai museum dan galeri seni yang terpaksa ditutup untuk sementara untuk mengurangi penyebaran wabah ini. Para praktisi pun melakukan berbagai inovasi agar tetap dapat menyajikan ragam karya seni kepada publik. Salah satunya adalah dengan pameran drive-thru, pengunjung dapat menikmati pameran seni tanpa harus keluar dari mobil.

Sebelumnya pameran dengan konsep drive-thru dilakukan oleh Lighthouse Immersive yang menggelar pameran Immersive Van Gogh di Toronto, Kanada, pada bulan Juni lalu. Pameran yang diselenggarakan selama 10 hari itu menarik animo para pecinta Vincent Van Gogh dari berbagai tempat. Bahkan tiket masuk pameran tersebut sudah terjual habis sebelum pembukaan di hari pertama.

Tren pameran drive-thru pun meluas hingga ke Belanda. kali ini Museum Boijmans Van Beuningen di Rotterdam meluncurkan konsep pameran menggunakan mobil listrik.

Karya Ditampilkan pada Layar Besar

Museum tersebut akan menggelar sebuah pameran dengan konsep drive-thru di gedung Rotterdam Ahoy. Eksibisi bertajuk “Boijmans Ahoy Drive-Thru Museum” ini diselenggarakan pada 1 – 23 Agustus 2020.

Tema yang diangkat dalam pameran drive-thru ini adalah hubungan kompleksitas manusia dengan lingkungannya. Ada sekitar 40 karya seni yang akan ditampilkan dalam pameran ini melalui layar-layar besar yang akan disajikan di dalam ruang pamer. Beberapa seniman yang terlibat di antaranya Bas Jan Ader, Paul McDarthy, Ugo Rondinone, Joep van Lieshout, dan Jim Shaw.

Selain karya yang ditampilkan pada layar, ada pula karya instalasi yang langsung disajikan di dalam ruang pamer. Karya-karya tersebut merupakan hasil cipta dari seniman Bas Princen, Trenton Doyle Hancock, dan Anselm Kiefer.

Mengendarai Mobil Listrik di dalam Ruang Pamer

pameran drive-thru
Image source: CB images

Ruang pamer ini memiliki luas sekitar 3.000 meter persegi. Para pengunjung yang ingin menikmati pameran drive-thru ini, diwajibkan menggunakan mobil listrik pribadi atau mobil listrik yang telah disewakan di tempat.

Untuk membatasi pengunjung dan tetap menjalankan protokol kesehatan, jumlah pengunjung setiap harinya dibatasi maksimal 750 orang. Selain itu, ada aturan kecepatan pengendara agar pengunjung tetap menjaga keselamatan adan efektivitas mobilisasi di dalam pameran drive-thru ini.

Baca juga Lawangwangi Kembali Menggelar Pameran Pasca Swakarantina

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.