Kesehatan Kuliner

5 Makanan Ini Bantu Trombosit Penderita Demam Berdarah Naik

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sejak musim hujan, penderita demam berdarah dengue atau DBD di Indonesia semakin meningkat. Bahkan di beberapa daerah telah diberikan status red alert akibat tingkat kematian yang tinggi. Bila terserang penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini, penderita akan mengalami penurunan trombosit yang tentunya akan membahayakan kondisi tubuh. Untungnya, masalah ini bisa diatasi salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bisa menaikkan trombosit. Apa saja makanan tersebut?

Baca Juga:

Bayam

penderita DBD bisa konsumsi bayam untuk taikkan trombosit
Source: instagram.com/selectorarts

Sayuran hijau ini mengandung asam lemak omega-3 dan zat besi yang membantu meningkatkan sistem imun. Selain itu, bayam juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah trombosit atau kepingan darah dalam tubuh bagi penderita DBD. New England Journal of Medicine juga menambahkan bayam, khususnya bayam merah, mengandung zat besi yang dapat melancarkan peredaran darah. Bila dikonsumsi secara rutin, sayuran tersebut dapat juga membantu meningkatkan hemoglobin. Oleh karena itu, selain baik dikonsumsi oleh penderita demam berdarah dengue, bayam juga baik bagi penderita anemia.

Nanas

nanas perlu dikonsumsi penderita demam berdarah dengue
Source: instagram.com/maru_cambodia

Menurut Live Science, kandungan vitamin C dalam nanas mencapai 76% per 100 gram. Angka vitamin C yang cukup tinggi ini membuat nanas baik dikonsumsi sebagai makanan peningkat sistem imun tubuh.  Dikonsumsi secara rutin, trombosit penderita demam berdarah dengue atau DBD akan semakin meningkat. Vitamin C sendiri mengandung antioksidan yang dipercaya dapat menghancurkan sel-sel jahat dalam tubuh akibat paparan radikal bebas.

Delima

naikkan trombosit penderita dbd dengan buah delima
Image source: instagram.com/healing_herbss

Satu lagi buah yang mengandung zat besi dan dapat meningkatkan trombosit penderita demam berdarah dengue. Selain zat besi, delima atau dikenal juga dengan nama pomegranate ini mengandung nutrisi dan mineral yang tinggi sehingga energi penderita DBD akan semakin bertambah dan kondisinya pun segera pulih.

Daging Merah

daging merah baik bagi penderita demam berdarah
Source: tasteofhome.com

Jenis makanan ini juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Bahkan, zat besi dalam daging merah lebih tinggi dari sayuran lho! Hal ini dikarenakan dalam daging merah terdapat zat besi heme yang bekerja lebih baik daripada zat besi yang terkandung dalam sayuran.Maka dari itu, daging merah menjadi asupan penting bagi penderita demam berdarah dengue (DBD) untuk meningkatkan trombosit.

Air Kelapa

air kelapa
Source: instagram.com/islandfreshcafe

Dehidrasi menjadi salah satu masalah kesehatan yang diderita pengidap demam berdarah dengue. Untuk mengatasinya, mereka disarankan untuk sering menghidrasi tubuh, terutama dengan cairan yang mengandung elektrolit. Kandungan ini bisa didapatkan melalui air kelapa. Jenis air ini tidak hanya memiliki elektrolit, tapi juga mengandung mineral yang bisa menghidrasi tubuh sekaligus membantu meningkatkan trombosit penderita DBD.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.