Kesehatan

Tubuh Tetap Bugar dengan Konsumsi 10 Makanan Sehat Ini Tiap Hari

Pinterest LinkedIn Tumblr

Asupan gizi dan nutrisi yang seimbang sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Terlebih di tengah krisis kesehatan seperti sekarang ini. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, seperti berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat. Berbicara tentang makanan, kamu bisa menjaga tubuh tetap sehat dengan mengonsumsi bahan makanan ini:

Alpukat

makanan sehat alpukat
Source: goodhousekeeping.com

Buah ini memiliki kandungan vitamin C dan lemak sehat yang tinggi sehingga baik dikonsumsi setiap hari terutama pagi hari. Kamu pun bisa mengolahnya menjadi berbagai hidangan sederhana nan sehat namun enak dan mengenyangkan seperti avocado toast.

Blueberry

jaga kesehatan tubuh dengan konsumsi blueberry
Source: supermarketperimeter.com

Jenis buah berry ini kaya akan vitamin dan mineral. Bila ditambahkan dalam menu makanan sehat, blueberry dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan menjaganya tetap bugar sekaligus melindungi dari radikal bebas.

Teh

teh hijau cup of tea idiom bahasa inggris
Source: Instagram.com/tehkedaton

Tahukah kamu jika mengonsumsi teh setiap hari bisa meningkatkan daya ingat? Selain itu, teh juga rendah kalori sehingga aman bagi kamu yang tengah menjalankan program penurunan berat badan.

Jahe

jahe sebagai bahan alami mengandung antivirus
Image source: ediblend.com

Kandungan zat gingerol pada jahe mampu menjaga kesehatan tubuh, khususnya untuk area pencernaan. Kamu bisa konsumsi jahe setiap pagi dicampur dengan teh hangat atau mengonsumsi makanan sehat yang mengandung jahe di dalamnya. 

Kale

kale makanan sehat yang bisa dikonsumsi tiap hari
Source: food.detik.com

Jenis sayuran hijau yang mengandung fitonutrien. Kandungan tersebut dipercaya dapat meningkatkan komunikasi dan fungsi sel secara maksimal. Dengan begitu kamu pun akan terhindar dari serangan penyakit. 

Kacang-kacangan

tingkatkan suasana hati dengan mengonsumsi kacang-kacangan
Source: onhealthmatters.com

Dikenal sebagai makanan sehat yang kaya akan serat, omega-3, lemak sehat, dan protein. Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kandunga yang terdapat dalam kacang-kacangan juga menaikkan berat badan secara sehat.

Timun

jaga kesehatan tubuh dengan konsumsi timun tiap hari
Source: thejakartapost.com

Mengonsumsi timun setiap hari dapat meningkatkan kesehatan tubuh terutama pencernaan. Sayuran ini kaya akan mineral dan serat yang baik untuk asupan tubuh kamu, jadi konsumsilah timun setiap hari ya!

Chia Seed

jaga kesehatan tubuh dengan konsumsi chia seed
Source: eatthis.com

Biji chia atau chia seed kaya akan omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kamu bisa mengonsumsi chia seed dengan mencampurkannya bersama yogurt dan buah sebagai menu makanan sehat di pagi hari 

Telur

makanan sehat telur
Source: eatthis.com

Bahan makanan ini kaya akan protein sekaligus menjadi sumber kolin yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Selain itu, telur juga dapat menyehatkan jantung sekaligus memaksimalkan kinerja metabolism tubuh. Telur juga mudah diolah menjadi berbagai menu makanan sehat yang bisa kamu konsumsi setiap hari. 

Ubi

jaga kesehatan tubuh dengan konsumsi ubi
Source: beerandbrewing.com

Kandungan karbohidrat yang baik dalam ubi bisa menjadi asupan baik bagi tubuh kamu. Selain bikin kenyang lebih lama bila dikonsumsi sebagai makanan sehat, beta karoten yang terkandung dalam ubi dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mata. 

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.