Kuliner

Urang Sunda Pasti Tahu 9 Kue Tradisional yang Maknyus Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap wilayah memiliki ragam kuliner yang khas dan menjadi ikon yang dikenal bahkan hingga ke wilayah-wilayah lain. Sebut saja Jawa Barat yang merupakan daerah asal urang atau orang Sunda. Wilayah paling barat Jawa ini memiliki kuliner berupa kue tradisional yang masih eksis hingga sekarang dengan rasa yang tak perlu diragukan lagi. Nah, kalau kamu urang Sunda, pasti deh kamu tahu atau pernah mencicipi sembilan kue manis khas daerah kamu ini!

Kue Jalabria

kue jalabria dari jawa barat
Source: superapps.kompas.com

Bisa dibilang kue tradisional ini memiliki bentuk seperti donat, bulat dengan bolong dibagian tengahnya. Bedanya terletak pada bahan dasar yang digunakan. Kue jalabria terbuat dari ketan hitam dengan balutan gula putih kering. Rasanya legit dan bakal bikin kamu ketagihan.

Kremes

kue tradisional kremes
Source: food.detik.com

Kue tradisional ini terbuat dari ubi yang diserut dan diberi campuran gula merah. Tekstur dari kremes sangat renyah karena diproses dengan cara digoreng hingga garing.

Ketimus

ketimus populer di jawa barat
Source: cookpad.com

Jawa Barat punya banyak kuliner berbahan dasar singkong termasuk kue tradisional yang dikenal dengan nama ketimus ini. Kue manis ini terbuat dari parutan singkong yang diberi campuran kelapa parut kemudian diberi isian gula merah sebelum dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang. 

Ali Agrem

kue tradisional ali agrem
Source: cookpad.com

Satu lagi kue tradisional Jawa Barat yang memiliki bentuk seperti donat. Namanya ali agrem. Sama seperti donat, proses pengolahannya yaitu dengan cara digoreng. Bahan utama untuk membuat kue manis ini adalah tepung beras dan gula merah. 

Gemblong

gemblong populer di jawa barat
Souce: cendananews.com

Kalau kamu urang Sunda, pasti deh pernah mencoba kue tradisional berbentuk lonjong dengan rasa yang legit ini. Membuatnya bisa menggunakan tepung ketan putih atau hitam. Selain tepung ketan, gula merah dan kelapa parut juga menjadi bahan utama pembuatan kue manis ini.

Nagasari

nagasari
Source: tribunnewswiki.com

Kue tradisional khas Jawa Barat ini menjadi salah satu kue berbungkus daun pisang yang banyak digemari pecinta kuliner. Kue manis ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan potongan pisang. Setelah dibungkus daun pisang, nagasari kemudian dikukus hingga matang. Cocok banget disantap sebagai teman minum teh di pagi atau sore hari.

Bugis

kue tradisional bugis
Source: tampang.com

Jawa Barat memang memiliki banyak kuliner berbungkus daun pisang. Salah satunya adalah kue tradisional yang dikenal dengan sebutan bugis. Terbuat dari tepung ketan yang diadoni bersama santan. Ciri khas dari bugis yaitu isiannya berupa campuran kelapa parut dan gula merah.

Misro

misro dari jawa barat
Source: cookpad.com

Diolah dengan cara digoreng, misro merupakan kue tradisional Jawa Barat yang terbuat dari singkong parut. Di dalamnya terdapat isian gula merah yang lumer.

Burayot

burayot
Source: resepnasional.com

Meski namanya terdengar lucu dan unik, burayot ini sangatlah terkenal di kalangan urang Sunda lho! Kue tradisional ini terbuat dari adonan tepung terigu, tape, gula putih, dan gula merah. Setelah tercampur, adonan burayot kemudian digoreng dan dibentuk seperti burayot atau menggelantung.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.