Kuliner

Walau Kurang Tidur, Kamu Bisa Penuhi Nutrisi dengan 5 Tips Berikut

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu sering mengalami masalah sulit tidur? Masalah ini tentunya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Selain tubuh akan terlihat lesu, kamu pun akan cenderung memiliki nafsu makan yang lebih tinggi. Belum lagi hasrat untuk mengonsumsi makanan olahan dan tinggi gula akan meningkat. Tetapi, kamu gak usah khawatir! Kamu bisa mengatasi masalah kurang tidur namun tetap memenuhi nutrisi untuk tubuh kamu. Caranya yaitu dengan mempraktekan lima tips berikut ini:

Santap Menu Sarapan Sehat

konsumsi sarapan sehat bila kurang tidur
Source: euractiv.com

Kurang tidur membuat suasana hati menjadi tidak stabil dan menurunkan energy tubuh. Maka dari itu, satu jam setelah bangun tidur konsumsilah menu sarapan sehat yang mengandung karbohidrat padat nutrisi, lemak sehat, dan protein. Dengan begitu kamu akan tetap berenergi sepanjang hari. Rekomendasi sarapan sehat yang bisa kamu konsumsi berupa telur, buah-buahan utuh, selai kacang, daging tanpa lemak, greek yogurt, dan kacang-kacangan.  

Konsumsi Kopi tapi Jangan Terlalu Banyak

minum kopi secukupnya
Source: whattoexpect.com

Kafein memang bisa menghilangkan rasa kantuk, tapi jangan sampai karena kurang tidur kamu terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein. Salah satu minuman yang mengandung kafein tinggi adalah kopi. Jika kamu suka minum kopi, minumlah secukupnya agar kamu tidak kesulitan tidur saat malam hari. Jika kamu tidak suka kopi, coba saja untuk menghirup aromanya. Menurut beberapa penelitian, menghirup aroma kopi ternyata dapat mengurangi stres akibat masalah sulit tidur dan mengubah aktivitas gen di otak.  

Banyak Minum Air Putih

bila kurang tidur jangan sampai dehidrasi
Source: aquaporin.com

Karena kurang tidur kamu akan lebih mudah merasa kantuk keesokan harinya. Hal ini akan semakin buruk bila kamu mengalami dehidrasi. Maka dari itu, perbanyaklah minum air putih untuk memberikan asupan cairan pada tubuh. Kalau perlu, sediakan saja satu botol air minum di dekatmu supaya kamu bisa langsung mengonsumsinya saat merasa haus.  

Pilih Menu Makan Siang Sehat

menu makan siang sehat
Source: olivemagazine.com

Menurut RD Lounge, hindari menyantap hidangan yang berat dan tinggi akan lemak sebagai menu makan siang atau makan malam. Sebaiknya pilihlah menu yang lebih seimbang meliputi sayuran tanpa pati, karbohidrat padat nutrisi, lemak sehat, dan protein. Kandungan ini dapat kamu temukan dalam tempe, kacang-kacangan, tahu, brokoli, daging ayam, ikan, dan wortel.

Konsumsi Cemilan Sehat

cemilan sehat
Source: kaylaitsines.com

Saat kurang tidur, kamu biasanya akan mudah merasa ngantuk dan lemas pada siang hari. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi cemilan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, dan telur rebus.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.