Destinasi Indonesia Nusa Tenggara Barat

Wisata Bukit, Tempat Wisata di Lombok yang Tak Kalah Indah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tempat wisata di Lombok tak hanya menawarkan keindahan pantai dan pulau-pulau kecilnya yang dikenal dengan nama gili saja. Destinasi wisata yang digandrungi oleh wisatawan lokal dan internasional ini memiliki wisata alam lain yang memukau. Masih banyak tempat wisata di Lombok yang indah dan layak untuk disinggahi, salah satunya adalah wisata bukit.

Bukit-bukit yang menjadi tempat wisata di Lombok umumnya terletak berdekatan dengan laut, tapi ada juga yang berada dekat dengan pesawahan. Keindahan bukit-bukit ini tak kalah dari pantai-pantai maupun pulaunya. Siap untuk menjelajahi bukit-bukit di wisataLombok?

Batu Idung

wisata lombok
Image Source @_mdl_photography

Salah satu bukit yang menjadi tempat wisata di Lombok adalah Bukit Batu Idung. Bukit ini tidak begitu tinggi. Cukup 15 menit saja untuk mendaki dan pengunjung sudah bisa berada di bukit. Jadi bukit ini ideal untuk pendaki yang masih pemula. Bukit ini berada di wilayah Gumise, Lembar di Lombok Barat. Dari Kota Mataram waktu tempuhnya hanya 45 menit saja. Terdapat batu yang berbentuk mirip seperti hidung di atas bukit tersebut. Dari atas bukit ini, pengunjung dapat menyaksikan keindahan bukit-bukit lain di wilayah Lombok Barat.

Merese

Image Source @amirul.azman

Jika ada destinasi bukit paling populer di kalangan wisatawan yang datang ke NTB itu adalah Bukit Merese. Bukit ini berada di ujung Barat Tanjung Aan dan memiliki keindahan yang tak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Dari atas bukit ini, pengunjung dapat menikmati Pantai Tanjung Aan secara keseluruhan. Selain menjadi objek wisata Lombok, bukit ini sering digunakan sebagai area untuk menggembala hewan ternak seperti sapi oleh penduduk setempat.

Tunak

wisata lombok
Image Source @mi_wandi_ramli

Bukit yang menjadi objek wisata Lombok ini merupakan salah wisata alam yang indah yang berada di Desa Mertak di Lombok Tengah. Berbeda dengan Bukit Merese, Bukit Tunak baru mulai populer di kalangan pengunjung asing dan lokal. Pengunjung dapat melihat pasir putih di Pantai Tunak yang menghampar. Dengan laut biru jernih dan batu berbentuk lancip sebagai latarnya, bukit ini menjadi spot foto selfie favorit para wisatawan. Pengunjung juga dapat menikmati sunset di bukit ini.

Nanggi

tempat di Lombok
Image Source @ir1jg

Mengikuti kepopuleran Buit Pergasingan, Bukit Nanggi pun mulai terkenal di kalangan wisatawan. Tinggi bukit ini 2.300 mdpl sehingga tempat wisata di Lombok ini lebih pas disebut sebagai gunung. Namun karena bukit ini bersanding dengan Gunung Rinjani, jadi orang-orang menyebut objek wisata ini sebagai bukit. Dari atas bukit, keindahan pemandangan Desa Pembalun akan terlihat dengan jelas.

Nipah

tempat di Lombok
Image Source @harryhermanan

Bukit ini berada di jalur untuk menuju ke arah Gili Trawangan jadi tak aneh jika objek wisata ini banyak dikunjungi oleh pengunjung. Enaknya, untuk sampai di bukit ini, wisatawan tak perlu mendaki karena dapat dengan mudah dikunjungi. Dari atas bukit ini wisatawan bisa melihat keindahan Pantai Nipah.

Pegat Nyawe

Image Source @green_lombok

Lokasi bukit ini ada di Desa Pemongkong, Lombok Timur. Wisatawan yang datang mengunjungi bukit Pegat Nyawe bisa menikmati pemandangan laut yang menghampar dan deburan ombak yang membelai pantai.

Bukit Malimbu

ImageSource @wndsanjaya

Bukit lain yang juga tak kalah indahnya adalah Bukit Malimbu. Tempat wisata alam di Lombok ini merupakan spot terbaik untuk menyaksikan sunset. Jarak bukit ini dari Kota Mataram kira-kira 24 km. Dari bagian utara Pantai Sengigi jaraknya kira-kira 10 km. Medannya yang cukup berat memerlukan waktu 45 menit untuk sampai di sini dengan kendaraan pribadi.

Baca juga 5 Kota Paling Banyak Dikunjungi Saat Liburan di Tahun 2019

Terbukti memang Lombok semua memiliki keindahannya tersendiri. Tak hanya pantainya yang sudah mendunia bahkan bukitnya pun tak kalah cantiknya. Pasti banyak yang tak sabar untuk menginjakkan kaki di pulau ini. Apakah kamu salah satunya?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.