Destinasi Kalimantan

Wisata Kalimantan Timur Ternyata Punya Surga Alam, Saingan Berat Derawan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Wisata Kalimantan Timur ternyata bukan hanya Derawan. Ada tempat wisata lain yang ternyata bisa membuat mata kamu melotot karena keindahan yang ditawarkannya. Beberapa lokasi ini mungkin masih sulit diakses. Tapi pesona alam yang akan kamu nikmati pasti bakal membuat kamu berdecak kagum.

Kamu bisa berenang di danau yang bening dan masih tersembunyi di balik rimbunnya hutan, memompa adrenalin kamu dengan menjelajah hutan di atas jembatan gantung, bahkan kamu bisa melihat eksotisnya hewan langka di belantara Kalimantan Timur dari dekat. Penasaran seperti apa wisata Kalimantan Timur yang bisa jadi saingan Derawan ini? Cek saja langsung daftarnya berikut ini.

Melihat Orang Utan di Taman Nasional Kutai

traveling ke kalimantan timur
Orangutan di Taman Nasional Kutai-ksdae.menlhk.go.id

Taman Nasional merupakan lokasi konservasi untuk salah satu hewan yang saat ini sedang terancam punah, orang utan. Di lokasi wisata Kalimantan Timur yang satu ini, para wisatawan bisa mengamati perilaku hewan eksotis ini. Tapi bukan itu saja, kamu juga bisa menemukan beragam flora dan fauna menarik lainnya seperti beruang madu, banteng, dan rusa. Ada juga berbagai pohon khas hutan hujan tropis seperti meranti, ulin, dan bangkirai.

Berkunjung ke Desa Budaya Pampang

wisata budaya desa pampang
Desa Budaya Pampang-pinterest.com

Pampang adalah sebuah desa budaya di Sungai Siring yang termasuk dalam wilayah Samarinda, Kalimantan Timur dan merupakan wisata andalan Kota Samarinda. Desa Budaya Pampang banyak dihuni oleh Dayak Kenyah. Di sana pengunjung dapat melihat pertunjukan budaya dan tarian Dayak yang diadakan di rumah adat. Selain itu, wisatawan bisa juga melihat langsung kegiatan masyarakat Dayak sehari-hari.

Menguji nyali di Bukit Bangkirai

wisata adrenalin di Kaltim
Jembatan gantung di Bukit Bangkirai-idntimes.com

Bukit Bangkirai menawarkan pesona hutan hujan tropis alami yang terdapat di Balikpapan. Di lokasi wisata Kalimantan Timur ini terdapat jembatan kanopi sepanjang 64 m yang tergantung di 5 pohon Bangkirai pada ketinggian 30 meter. Dari ketinggian, para wisatawan bisa menikmati pemandangan luar biasa sekaligus mengamati aktivitas hewan-hewan yang menghuni Bukit Bangkirai ini.

 Bersantai di Pulau Beras Basah

indahnya pulau beras basah
Mercusuar di Pantai Beras Basah-beritagar.id

Pulau indah bernama Pulau Beras Basah ini berada di Bontang, Kalimantan Timur. Tidak hanya menawarkan pantai pasir putih yang indah, kehadiran mercusuar yang berdiri kokoh di tepi pantai menjadi ikon pulau yang menjadi bagian wisata Kalimantan Timur ini.

Tidak hanya keindahan pemandangan bawah lautnya, Pulau Beras Basah juga menjadi tempat yang pas untuk menikmati matahari terbenam. Kemerahan yang membungkus langit biru cerah dan hembusan angin membuat pantai menyaksikan momen matahari terbenam begitu romantis.

Berenang di Danau dua rasa Labuan Cermin

danau dua rasa labuan cermin
Labuan Cermin-pinterest.com

Labuan Cermin atau Danau Cermin adalah danau yang indah di Kecamatan-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Permata tersembunyi ini terkenal dengan dua lapisan airnya yang unik, danau terdiri dari dua lapisan air, lapisan atas adalah air tawar dan lapisan bawahnya adalah air garam.

Walau danau ini dalamnya lebih dari 3 meter, tetapi wisatawan bisa dasar danau. Jika beruntung, kamu bisa melihat penyu yang berenang di dasar danau yang  memiliki kombinasi warna biru, hijau, dan putih ini.

Jadi lokasi wisata Kalimantan Timur mana yang kamu pilih untuk jadi destinasi wisata kamu selanjutnya?

JANGAN LEWATKAN ARTIKEL INI JUGA:

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.