Destinasi Indonesia Nusa Tenggara Timur

Wisata Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur yang Memukau

Pinterest LinkedIn Tumblr

Wisata Labuan Bajo berada di Nusa Tenggara Timur. Destinasi wisata yang sudah mendunia ini merupakan ibu kota Kabupaten Manggarai Barat. Tempat ini menjadi lokasi berkumpulnya orang-orang yang akan berlibur ke Pulau Komodo ataupun Pulau Rinca.

wisata labuan bajo
Image Source @addimharnanto

Destinasi wisata yang kini masuk ke dalam 10 Bali Baru yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo ini memiliki objek wisata lain yang menawan seperti pantai, goa dan pulau pasir timbul. Berencana berlibur ke Nusa Tenggara Timur? Nah, supaya kamu tak bingung mencari-cari destinasi wisata, simak artikel berikut, ya.

Pulau Komodo

nusa tenggara timur
Image Source Flickr.com/Ridwan Prasetyo

Pulau yang sempat akan ditutup ini memiliki hewan purba yang masih ada hingga sekarang, yaitu komodo. Hewan tersebut menjadi daya tarik pulau ini. Diperkirakan ada 2.500 ekor komodo yang hidup di sini. Tak hanya memiliki hewan langka, pulau Komodo yang menjadi bagian dari wisata Labuan Bajo ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Pulau Padar

wisata labuan bajo
Pulau Padar – Image Source @indonesiacocostour

Selain Pulau Komodo, pulau lain yang terkenal di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Padar. Di pulau ini kamu tak akan bisa bertemu dengan hewan purbakala itu. Namun, di sini terdapat puncak yang bisa kamu daki untuk melihat kecantikan lautan yang mengelilingi pulau ini dan pulau-pulau lainnya. Jika kamu ingin naik ke bukitnya, pastikan untuk memakai alas kaki yang nyaman. Sepatu adalah pilihan yang disarankan dibandingkan sandal.

Gili Laba

wisata labuan bajo
Image Source Flickr.com/shdimple

Saat liburan ke wisata Labuan Bajo, pastikan untuk tidak melewatkan pulau kecil yang bernama Gili Laba. Pulau ini berada di kawasan Taman Nasional Komodo. Untuk melihat keindahan laut dan bentangan pasir putih yang memesona, kamu bisa naik ke puncak Gili Laba. Keseluruhan pemandangan yang ada di Pulau Komodo akan nampak dari sini. Hanya saja perlu diingat, untuk naik ke puncak perlu energi ekstra. Selain itu, di sini kamu juga bisa snorkeling atau bermain air. Gili Laba juga spot terbaik untuk melihat matahari terbit.

Pantai Pink

Nusa Tenggara Timur
Image Source @rachmatjonasmowoka

Selain Lombok NTB, Nusa Tenggara Timur juga memiliki pantai berwarna pink yang disebut dengan Pantai Pink. Pantai ini kini mengalami nasib naas karena kejahilan pengunjung. Sebagian mereka ada yang mengambil pasirnya sehingga ada area di pantai ini yang pasirnya sudah tidak berwarna pink lagi. Sangat disayangkan karena pantai ini merupakan pantai pink terindah di dunia. Di pantai indah ini, kamu juga bisa ber-snorkeling melihat keindahan koral dan beragam spesies ikan yang cantik.

Tada Makassar

Nusa Tenggara Timur
Image Source @rachmatjonasmowoka

Objek wisata Labuan Bajo lainnya yang menarik adalah Tada Makassar. Bentuknya unik seperti angka sembilan dan dikelilingi oleh air laut yang bening berwarna biru. Pulau yang terbentuk karena karang mati ini merupakan tempat untuk anemone, kepiting, mikroba dan terumbu karang. Sama seperti pulau timbul di Indonesia lainnya, pulau ini akan terlihat saat air laut surut. Snorkeling dan diving adalah aktivitas yang ideal dilakukan di tempat ini.

Gua Rangko

Nusa tenggara timur
Image Source @richmondshan

Gua yang terletak di Desa Rangko, Nusa Tenggara Timur ini merupakan sebuah gua yang berisi air laut yang berwarna biru. Kamu bisa menikmati keindahan stalaktit yang eksotis. Karena aksesnya masih sulit dan berada di daerah terpencil, jangan heran jika destinasi wisata ini tak ada di Google Maps.

Baca juga Museum Adityawarman, Wisata Sejarah Sumatera Barat

Wisata Labuan Bajo memang menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan susah untuk ditolak. Rasanya sayang jika tak berlibur ke tempat ini. Jadi, apa lagi yang kamu tunggu?

Sansan
Author

2 Comments

  1. Avatar

    Kemaren pas ke sana, untuk turun ke gua Rangko agak susah turun tangga. masih pakai tangga seadanya (kayu).

    • Sansan
      Sansan Reply

      Wah, tips berguna untuk yang ingin berkunjung ke Gua Rangko. Terima kasih.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.