Destinasi Jawa

Yakin Mau ke Pantai Peh Pulo, Wisata Blitar yang Mirip Raja Ampat Itu?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pernah dengar nama Pantai Peh Pulo? Kalau kamu masih asing dengan namanya, ini karena destinasi wisata Blitar tersebut memang belum sepopuler tempat-tempat lain di Jawa Timur. Boleh dibilang tempatnya masih alami. Kabupaten Blitar mempunyai beragam pantai indah, salah satunya pantai yang akan dibahas di Holamigo berikut ini. Yuk, kita jalan-jalan ke Blitar.

Pantai Perawan

Wisata Blitar
Pantai Peh Pulo – Flickr.com/Ashar Annas

Pesisir selatan Blitar dihiasi oleh puluhan pantai yang masing-masing menghadirkan kekhasan panoramanya. Di antara deretan yang sudah terkenal seperti Pantai Keben atau Pangi, ada juga pantai yang belum terkenal, yaitu Peh Pulo. Pantai yang satu ini masih jarang terjamah wisatawan.

Destinasi wisata Blitar ini butuh perjuangan lebih agar bisa sampai lokasi pantainya. Namun jerih payah perjuangan menuju Pantai Peh Pulo akan terbayar  dengan pemandangan yang terhampar di depan mata. Untuk kamu yang berminat ke pantai ini, pastikan untuk membawa topi atau penutup kepala lainnya karena kurangnya pepohonan, pantainya cukup panas.

Daya Tarik Pantai di Wisata Blitar

wisata Blitar
Pulau-Pulau Karang Kecil – www.manusialembah.com

Ternyata Peh Pulo bukan hanya nama pantai tapi juga nama sebuah dusun tempat objek wisata itu berada. Dusun ini berlokasi di Desa Sumbersih yang masuk ke dalam Kecamatan Panggungrejo. Pasir yang terhampar berwarna putih bersih dan memanjakan mata meskipun bentang pantainya tidak terlalu luas.

Warna lautnya bergradasi berpadu dengan putihnya pasir. Di bagian lepas pantainya terdapat pulau-pulau karang kecil yang tersusun dengan apiknya. Ada yang wisatawan yang bilang kalau destinasi wisata Blitar ini panoramanya mirip dengan Raja Ampat.

Baca juga:

Fasilitas dan Tiket Masuk

Pantai Peh Pulo masih sepi pengunjung. Sampai saat ini tempat ini belum menjadi tempat wisata resmi, karenanya tidak tersedia fasilitas pendukung di pantai yang menjadi wisata Blitar ini. Jadi, kalau tertantang untuk mengarungi medan yang menantang ini, pastikan untuk membawa bekal yang cukup. Siapkan juga energi dan kendaraan harus dalam keadaan prima serta sangat tidak disarankan datang saat musim hujan karena medan menuju pantai ini benar-benar sulit. Di pantai ini banyak nelayan berseliweran tapi tak ditemukan tempat pelelangan ikan atau TPI.

Karena belum jadi tempat wisata Blitar yang resmi, tiket masuk masih gratis. Wisatawan hanya akan diharuskan membayar tiket parkir motor atau mobil seharga Rp5.000 dan Rp10.000 saat berkunjung ke sini.

Akses

Laut Pantai Peh Pulo – Instagram.com/zakki.firdaus

Untuk sampai ke tempat ini, dari Blitar kota, arahkan kendaraan menuju ke Lodoyo, lalu dilanjutkan ke arah margo mulyo kemudian ambil rute menuju panggungrejo. Setibanya di pertigaan beringin panggungrejo, ambilah jalan raya arah kiri.  Ke arah kanan itu menuju Pantai Serang.  

Terus ikuti jalan sampai tiba di Desa Sumbersih. Di desa tersebut, papan petunjuk ke arah pantai bisa dengan mudah terlihat. Jika takut tersesat, jangan gunakan Google Map tapi GPS alias Gunakan Penduduk Setempat. Memakai Google Map akan membawamu ke Pantai Serang sehingga kamu harus berjalan untuk ke arah Pantai Peh Pulo.

Bagaimana, cukup tertantang untuk mengunjungi wisata Blitar ini?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.