Kuliner

Yuk Berkenalan dengan Menu Takjil dari 9 Negara Berikut!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tidak hanya Indonesia saja yang memiliki berbagai hidangan khas di Bulan Ramadhan, baik itu menu takjil atau berbuka puasa dan menu sahur. Negara lain pun memiliki kreasi hidangan tersendiri yang pastinya bakal bikin pecinta kuliner tertarik untuk mencobanya. Contohnya  sembilan negara ini dengan menu buka puasa yang menggugah selera. Mau coba?

Qatayef, Arab Saudi

qatayef menu takjil dari arab saudi
Source: mission-food.com

Masyarakat Arab Saudi sering menjadikan qatayef sebagai menu takjil mereka. Hidangan ini berupa panekuk atau pancake yang bercita rasa manis sekaligus gurih. Tidak hanya di Arab Saudi saja, qatayef juga populer di wilayah Mesir sebagai menu buka puasa.

Bolani, Afganistan

bolani menu takjil khas afganistan
Source: foodtasia.com

Berbicara soal Bolani, pasti menu takjil khas Afganistan ini bakal ngingetin kamu sama martabak telur, kan? Hanya saja bolani terlihat lebih tipis. Rasanya pun gurih dan bakal manjain lidah kamu deh!

Fattoush, Lebanon

fattoush menu takjil dari lebanon
Source: laaloosh.com

Kalau di Lebanon, ada sebuah olahan sehat yang sering dijadikan menu takjil. Namanya fattoush. Bisa dibilang hidangan ini berupa salad yang terbuat dari campuran sayuran hijau, tomat, dsb. Tidak lupa sebagai ciri khas ditambahkan potongan roti pita goreng.

Gullac, Turki

gullac menu takjil dari turki
Source: weloveist.com

Beralih ke Turki, di sana ada menu takjil yang disebut gullac. Selain dijadikan sebagai menu buka puasa, gullac juga kerap kali disantap sebagai hidangan penutup. Hidangan ini terbuat dari kulit pastry, susu, dan buah delima. Katanya sih gullac merupakan cikal bakal dari baklava, kuliner khas Turki yang terkenal hingga ke luar negeri.

Ful Medames, Afrika Utara

ful medames menu takjil
Source: simplyfreshdinners.com

Meskipun bukan negara mayoritas Muslim, Afrika Utara tetap memiliki menu takjil khas yang disebut ful medames. Hidangan ini berupa kue dengan cita rasa rempah khas yang kuat.

Paomo, Tiongkok

paomo
Source: imgur.com

Tiongkok pun memiliki menu takjil yang mudah ditemukan saat Bulan Ramadhan. Dikenal dengan nama paomo, hidangan ini berupa sup yang berbahan dasar daging kambing. Biasanya Muslim di negara ini menyantapnya bersama roti lembut.

Bastani, Iran

Source: tasteatlas.com

Pecinta es krim pasti tertarik ingin mencoba menu takjil khas Iran ini. Di Bulan Ramadhan, menu yang disebut bastani ini sering disantap sebagai menu buka puasa. Seperti kebanyakan es krim, bastani memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa manis.

Katira, Malaysia

Source: shaziya’s recipes on YouTube

Di negara tetangga, katira menjadi menu takjil yang kerap diburu saat Bulan Ramadhan. Hidangan ini berupa minuman yang terbuat dari getah pohon katira dan dicampur dengan susu serta sirup.

Jalebi, India

jalebi
Source: myfoodstory.com

Kalau kamu pecinta film Bollywood, pasti sudah tidak asing lagi dengan jalebi. Kuliner India ini berbahan dasar tepung dan diolah dengan cara digoreng lalu dicelup dalam sirup manis. Saat Bulan Ramadhan, jalebi sering dijadikan sebagai hidangan buka puasa atau takjil.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.