Destinasi

Yuk Bernostalgia dengan Reply 1988 di 3 Tempat Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Yang nonton Reply 1988 pasti senang lihat berita mereka reunian. 22 Juni kemarin aktor Lee Dong Hwi, yang memainkan peran Ryu Dong Ryong dalam drama tersebut memamerkan foto yang berisi pemain Reply 1988. Di situ ada Hyeri yang berperan sebagai Deok seon, Lee Dong Hwi yang jadi Dong Ryong, Park Bo Gum yang jadi Taek, Go Kyung Pyo yang memerankan Sun Woo, dan Ryu Hye Young yang jadi Bo ra. Instagram Dong Hwi pun dibanjiri komen dari para penggemar drama ini termasuk Dian Sastro yang memang ngefans sekali.  

View this post on Instagram

💚

A post shared by 이동휘🇰🇷 (@dlehdgnl) on

Ngomong-ngomong soal Reply 1988 tidak akan lengkap tanpa membicarakan soal Ssangmun-dong yang merupakan tempat geng ini tinggal. Untuk kamu yang nonton Reply 1988 dan ingin merasakan atmosfir drama ini, Visitseoul.net merekomendasikan beberapa tempat untuk dikunjungi. Cek informasinya di artikel Holamigo berikut.

Ssangmun-dong

Reply 1988, nonton Reply 1988
Ssangmun-dong – english.visitseoul.net/

Kalau kamu nonton Reply 1988 pasti hafal nama-nama anggota geng ini, ada Deok-Seon, Sun-woo, Taek, Dong-ryong, dan Jung Hwan. Mereka adalah tetangga di Ssangmun-dong. Dalam drama, diceritakan Deok-seon bersekolah di Sekolah Menengah Ssangmun Girls dan anak laki-laki lainnya pergi ke Sekolah Menengah Ssangmun.  Fakta sebenarnya, satu-satunya sekolah dengan nama Ssangmun hanya Sekolah Dasar Ssangmun. Kalau dilihat dari pemandangan kota dan rute bus sekolah yang ditampilkan dalam drama, model sebenarnya dari dua sekolah dalam drama sepertinya Junggeui Girls’ High School dan Sunduck High School.

Kalau kamu nonton Reply 1988, kamu pasti ingat gang yang menuju ke perumahan tempat geng ini tinggal. Keluar dari Stasiun Ssangmun, Exit 4 ada gang yang menuju ke SMA Jungeui Girls. Tak jauh dari situ, kamu bisa melihat area perumahan intim yang terasa seperti bahwa drama tersebut. Dengan jejak laundry, apotek, dan rumah-rumah kecil yang dikelilingi oleh dinding bata merah, semuanya membangkitkan nostalgia Korea masa lalu.

Hoho Snack Bar

Reply 1988, nonton Reply 1988
Brazil Tteokbokki dan Cheese Rice – english.visitseoul.net

Brazil Tteokbokki sering muncul dalam percakapan antara Deok-seon dan teman-temannya saat kamu nonton Reply 1988. Sebenarnya restoran kecil dengan nama unik ini sudah ada sampai pertengahan hingga akhir 1990-an. Pada saat itu, restoran tersebut adalah tempat jualan makanan ringan terkenal di depan SMA Perempuan Jungeui atau Jungeui Girls’ High School.

Saat ini Brazil Tteokbokki tersebut sudah tak ada lagi. Tapi kalau kamu melewati jalan sempit di depan Jeongeui Girls ‘School dan di sebelah kanan ada banyak restoran kecil yang sudah berjualan di tempat ini sejak lama, salah satunya Hoho Bunshik/Hoho Snack Bar. Semua restoran tersebut mempunyai hidangan unik yang sama, seperti ‘Cheese Rice‘. Hidangan ini berupa nasi goreng dengan topping rumput laut dan keju mozzarella. Makanan ini populer di kalangan siswa di lingkungan ini. Cheese Rice merupakan hidangan murah yang bisa kamu nikmati sambil mengingat kembali drama kesukaanmu tersebut.

Hoho Bunshik/Hoho Snack Bar

Alamatnya  32, Dobong-ro 121, Dobong-gu, Seoul
Transportasi: Kereta Bawah Tanah, Stasiun Ssangmun (Jalur 4) Exit 4, 15 menit berjalan kaki (pintu masuk belakang Jungeui Girls ‘High School)
Jam buka: Senin-Jumat 12: 00-22: 00 Sabtu-Minggu 12: 00-21: 00 Tutup pada hari Minggu pertama

Ssangmun-dong, Dooly

Mural Dooly – instagram.com/cessrrg

Sebelum Reply 1988, sebenarnya sudah ada yang mempopulerkan wilayah Ssangmun-dong, yaitu dalam buku komik “Baby Dinosaur Dooly,” yang ditulis oleh Kim Su-Jeong. Sejak tahun 1983, buku tersebut dibuat serial selama 10 tahun melalui majalah komik “Treasure Island” juga animasi di acara tv “Dooly”. Dooly ini  adalah karakter paling populer bagi generasi 80-an di Korea Selatan.

Museum Dooly – www.korea.net

Setelah mencicipi cheese rise, kamu bisa meneruskan tur menuju Museum Dooly. Di museum ini kamu bisa menjelajahi segala sesuatu tentang Dooly. Pada bulan Juli 2015, museum ini dibuka dan telah menyediakan berbagai pameran tentang Dooly. Kamu bisa berfoto bersama Dooly atau bernyanyi bersamanya. Selain itu, kamu juga bisa belajar tentang proses pembuatan komik seperti yang dilakukan seniman Kim Su-Jeong. Di saja juga ada perpustakaan anak-anak jadi kamu tak hanya bisa baca buku komik tapi buku kartun juga.

Uicheon – instagram.com/bukak123

Setelah tur Museum Dooly, kamu bisa jalan-jalan  di Bukhansulle-gil melalui Dooly Park atau tepi sungai Uicheon melintasi Dobong-gu. Lalu diteruskan ke Pusat Layanan Masyarakat Ssangmun 1-dong dan kamu akan tiba di Uicheon (dekat Jembatan Suyugyo). Di sana merupakan tempat kelahiran Dooly juga. Di titik awal jembatan kamu bisa melihat mural Dooly yang panjangnya mungkin sekitar 150m. Tempat ini melengkapi tur Reply 1988 di Seoul.

Museum Dooly

Alamat 6, Sirubong-ro 1-gil, Dobong-gu, Seoul
Telp. 02-990-2200
Website: http://www.doolymuseum.or.kr/
Transportasi: Stasiun Subway Ssangmun (Jalur 4) Exit 4 (jaraknya 15 menit dengan jalan kaki)
atau Stasiun Subway Ssangmun (Jalur 4) Exit 1, naik bus lokal # 7 dan turun di Ssangmun Kukdong Apt. / Daewoo Iaan Apt.
Jam buka: Setiap hari 10: 00-18: 00. Penjualan tiket dan tiket masuk ditutup 16:20Baca juga:

Baca juga:

Setelah nonton Reply 1988 dan baca artikel tentang tempat-tempat yang mengingatkan kamu dengan drama ini, apakah kamu jadi tertarik untuk berkunjung ke tempat-tempat tersebut?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.