Destinasi Indonesia Nusa Tenggara Barat

Yuk ke Pulau Sumbawa, Destinasi Wisata Alam yang Eksotis

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pulau Sumbawa yang berada di Nusa Tenggara Barat memiliki luas daerah sebesar 14,386 km2. Pulau ini ukurannya lebih besar dibandingkan Lombok dan menjadi salah satu pulau utama disamping Lombok tentunya. Wisata Sumbawa menawarkan banyak destinasi seperti Gunung Tambora yang tak kalah terkenalnya dengan Gunung Rinjani. Tertarik untuk berlibur ke Sumbawa? Ini nama-nama tempat yang wajib dikunjungi saat liburan ke Sumbawa.

Pulau Bungin

wisata sumbawa
Image Source @lombokfriendly

Dikabarkan pulau ini sudah tidak memiliki ruang yang tersisa. Tiap jengkal daerahnya sudah terisi rumah yang letaknya saling berdempetan serta fasilitas umum contohnya tambatan perahu dan surau. Para penduduk di sini menjadi pemasok boga bahari atau seafood bagi pariwisata di Lombok dan daerah lainnya. Berkunjung ke pulau ini, wisatawan bisa menyaksikan budidaya ikan sampai lobster.

Pulau Moyo

pulau sumba
Image Source @dedi_kevin_molajake

Wisata di Pulau Sumbawa ini termasuk destinasi wisata yang paling populer. Pulau Moyo memiliki pesona bawah laut yang memukau. Pengunjung dapat mencoba aktivitas snorkeling dan diving untuk melihat indahnya biota laut yang ada di Pulau Moyo. Objek foto favorit adalah kebersamaan dengan ikan pari dan hiu putih.

Pulau Kenawa

wisata sumbawa
Image Source @estpr

Eksotisme wisata Sumbawa ini terletak pada padang savananya yang pasti membuat pengunjung terpukau. Hamparan savanna hijau adalah spot favorit para penggemar fotografi dan selfie. Di Pulau Kanawa juga ada pantai dengan pasir putih yang tak kalah indahnya.

Pulau Dompu

wisata sumba
Image Source @jayamaxima

Berada di tengah Pulau Sumbawa, Pulau Dompu adalah destinasi wisata Sumbawa yang tak boleh dilewatkan. Pulau penghasil susu kuda liar dan madu ini memiliki tempat yang hits seperti Danau Satonda.

Gili Bedil

pulau sumbawa
Image Source @ariefbello

Pulau kecil ini memiliki kecantikan tak hanya di daratnya saja tapi juga alam bawah lautnya. Untuk bisa menikmati keindahan dunia bawah laut, pengunjung harus menyewa perahu yang dilengkapi dengan latas kaca untuk bisa melihat dasar laut. Pengunjung bisa melihat indahnya terumbu karang.

Pulau Paserang

wisata sumbawa
Image Source @fabiankiby

Bertandang ke destinasi wisata Sumbawa ini, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan Gunung Rinjani dan hamparan laut biru. Berbeda dengan Pulau Kenawa, Pulau Paserang sudah memiliki fasilitas pendukung seperti toilet, saung, dan listrik. Wisatawan pun dapat menginap di sini. Turun dari bukit, cobalah ber-snorkeling karena air di sini sangat jernih.

Bukit Mantar

nusa tenggara barat
Image Source @imranputrasasak

Bukan hanya Banten, Yogyakarta atau bumi Toraja yang memiliki negeri di atas awan, Pulau Sumbawa pun punya. Nama tempatnya adalah Bukit Mantar. Ketinggiannya mencapai 600 mdpl, bukit ini menjadi tempat yang cocok untuk menyaksikan matahari terbit.

Air Terjun Mata Jitu

nusa tenggara barat
Image Source @ariphotografi_

Destinasi wisata di Nusa Tenggara Barat ini pernah dikunjungi oleh mendiang Putri Diana dari Inggris. Keindahan Air Terjun Mata Jitu yang memiliki empat undakan dan tujuh kolam ini tak diragukan lagi dan merupakan cagar alam yang memiliki pesona yang luar biasa.

Teluk Saleh

nusa tenggara barat
Image Source @kuswanto69

Berada di tiga kawasan, yaitu Dompu, Sumbawa dan Bima, Teluk Saleh adalah area pemancingan bagi penduduk lokal yang berada di ketiga wilayah tersebut. Air di teluk ini sangat jernih bak kristal. Untuk menikmati keindahan Teluk Saleh, pengunjung bisa naik perahu dan dari atas perahu bisa menyaksikan dasar laut dengan terumbu karangnya yang indah.

Baca juga Jangan Tertukar! Ranu Gumbolo Tulungagung Bukan Ranu Kumbolo

Rasanya wisata Sumbawa tak akan habis dijelajahi. Begitu banyak tempat-tempat menarik di sini. Segera bersiap untuk liburan ke Pulau Sumbawa!

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.