Seni dan Budaya

Yuk Mengenal Tradisi Ramadhan dari 5 Negara Berikut Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan suci yang paling ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Berbicara tentang bulan suci ini, ternyata setiap negara memiliki tradisi unik yang dilakukan. Bukan hanya di negara dengan mayoritas muslim seperti Indonesia saja, tapi negara-negara minoritas pun memiliki tradisi Ramadhan tersendiri yang tak kalah unik. Nah, kira-kira apa saja sih tradisinya dan di negara mana saja tradisi tersebut dilakukan? Berikut ini ada lima negara yang akan tim Holamigo ulas khusus untuk kamu!

Lampu Fanus dan Kunafa, Mesir

tradisi  di mesir
Lampu fanus terpasang di sepanjang jalan Mesir || Source: identity-mag,com

Muslim di Mesir biasanya memasang lampu fanus di halaman rumah mereka untuk menyambut bulan Ramadhan. Tradisi Ramadhan ini sudah dimulai sejak zaman Dinasti Fattimiyah. Pada waktu itu, lampu fanus digunakan untuk menyambut kedatangan pasukan raja yang berkunjung sebelum bulan Ramadhan tiba. Selain tradisi memasang lampu fanus, masyarakat di Mesir juga sering menyajikan hidangan manis yang dikenal dengan nama kunafa. Biasanya kunafa disantap sebagai hidangan pencuci mulut saat bulan puasa.

Garangao Children Festival, Qatar

tradisi unik di qatar tangga 13-15 Bulan Ramadhan
Source: iloveqatar.net

Di Qatar, ada sebuah festival yang diselenggarakan pada tanggal 13-15 Ramadhan setelah waktu berbuka dan shalat magrib. Festival yang disebut Garangao Children Festival ini melibatkan anak-anak yang berpawai dengan kostum khusus untuk memeriahkan bulan Ramadhan. Dalam tradisi Ramadhan ini, anak laki-laki akan mengenakan baju arab dengan rompi merah bersulam emas. Sedangkan anak perempuan akan mengenakan baju tradisional yang disebut disdaashas lengkap dengan kerudung hitam berhias benang emas dan bukhnig atau ikat kepala.

Belanja Pernak-Pernik dan Kuliner Ramadhan, Prancis

tradisi ramadhan di prancis
Source: thelocal.fr

Di Prancis ada beberapa kawasan yang dihuni oleh imigran Arab, salah satunya adalah Couronne. Di wilayah tersebut terdapat tradisi unik setiap bulan Ramadhan, yaitu berbelanja berbagai pernak-pernik dan kuliner bernuansa Ramadhan untuk menyambut bulan suci tersebut. Tradisi Ramadhan di negara minoritas Muslim ini terus dipertahankan. Penjual pernak-pernik dan kuliner Ramadhan akan banyak kamu temui di Jalan Pierre Tumbot.

Kuliner Bernuansa Turki, Jerman

tradisi unik bulan ramadhan di jerman
Kalladsch, kue khas Turki Source: sabigaju.com

Satu lagi negara minoritas Muslim yang memiliki tradisi unik saat Bulan Ramadhan, yaitu Jerman. Di negara ini, sebagian besar umat Islam berasal dari Turki. Maka tak aneh bila di Jerman, nuansa Turki begitu kental saat bulan Ramadhan. Tradisi Ramadhan yang unik di negara ini pun tak jauh-jauh dari nuansa Turki. Saat bulan suci ini, umat Islam akan menyajikan makanan bernuansa Turki seperti dschellab (gula dan sirup kurma), qata’ef (kue kering yang direndam dalam sirup gula), suus (minuman berbahan dasar gula hitam), kalladsch (adonan kue pastry yang berisi kacang-kacangan), dan qamruddin (jus aprikot).

Berkumpul dan Mempererat Tali Silaturahmi, Jepang

tradisi muslim di jepang saat ramadhan
Source: blog.halal-navi.com

Meskipun kelompok minoritas, umat Islam di Jepang memiliki tradisi Ramadhan yang dapat mempererat tali silaturahmi. Menjelang Ramadhan, mereka akan berkumpul di Japan Islamic Center yang berlokasi di Tokyo. Di sana, mereka akan membentuk kepanitiaan bulan puasa yang bertugas untuk menyusun berbagai kegiatan yang akan dilakukan saat bulan Ramadhan. Biasanya kegiatan tersebut berupa majelis taklim, diskusi keagamaan, penerbitan buku bertema Islam, shalat tarawih berjamaah, dll. Tak lupa mereka turut membuat jadwal puasa dan membagikannya ke masjid, restoran halal, dan rumah keluarga Muslim di Jepang. Dengan tradisi tersebut, kamu akan bisa merasakan hangatnya kebersamaan di Bulan Ramadhan meskipun menjalankannya di negara minoritas.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.